SuryaMalang/

Malang Raya

Percaya Nggak Percaya, Mengkudu Ternyata Bisa Dijadikan Es Krim, Kreasi Siswa Kota Malang

Resep unggulan lainnya sekolah ini adalah Jamu Dewa Kemilau. Minuman jamu ini memanfaatkan mahkota dewa, blimbing wuluh, kunyit, keningar dan gula

Percaya Nggak Percaya, Mengkudu Ternyata Bisa Dijadikan Es Krim, Kreasi Siswa Kota Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Proses pembuatan es krim mengkudu oleh siswa SMPN 10 Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Mengkudu ternyata bisa dikreasi jadi es krim oleh siswa SMPN 10 Kota Malang. Pemanfaatan buah itu karena tumbuh di halaman sekolah. Saat prakarya jasa boga, maka diolahlah buah itu.

"Mengkudunya dikupas dulu, diiris-iris, direndam dengan air panas, diblender dan disaring," jelas Dita Afrelina, siswa kelas 7G kepada SURYAMALANG.COM beberapa waktu lalu. Untuk 1/2 kg mengkudu ditambahkan air dingin 500 cc.

Kemudian ditambah wippy cream sebanyak 200 cc, satu kaleng susu manis putih kental. Kemudian bahan itu dimixer sampai membuih. Kemudian dijadikan dua warna. Bisa cokelat atau plain/putih.

"Atau dibuat warna sesuai selera," tambah Galih Amita, guru jasa boga.

Setelah selesai, bahan itu dimasukkan ke cup es krim dan dimasukkan ke freezer agar mengeras. Rasanya yummy. Saat pembuatan es krim mengkudu dibuat oleh kelompok disiplin yang beranggotakan Indri Damayati, Putri Elvina dan Zanuba Arifin.

Saat percobaan pembuatan sempat gagal sekali karena belum mendapatkan formula yang pas.

Resep unggulan lainnya sekolah ini adalah Jamu Dewa Kemilau. Minuman jamu ini memanfaatkan mahkota dewa, blimbing wuluh, kunyit, keningar dan gula pasir.

"Fungsinya untuk mengeluarkan racun dari tubuh dari mahkota dewa," ujar Anisa Putri, siswa kelas 7H.

Selain itu, jamunya bisa memperlancar sistem peredaran darah dan mencegah kanker. Minuman jamunya sangat segar diminum jika usai dimasukkan lemari es.

Anisa mengerjakan pembuatan jamunya bersama Ana Aulia dan Tamshatara. Warna jamunya bening kekuningan.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help