SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Siapa yang Ditunjuk Jadi Sekda Kota Batu? Keputusan Ini Berada pada Wewenang Wali Kota Batu

"Itu hak Pak Wali. Nama-nama ada memang yang diajukan. Tapi kembali lagi kalau itu adalah kebijakan dari Wali Kota Batu," kata Wiwik Sukesi,

Siapa yang Ditunjuk Jadi Sekda Kota Batu? Keputusan Ini Berada pada Wewenang Wali Kota Batu
IST
Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) di Kota Batu masih berlangsung.

Pemkot Batu masih belum menunjuk tokoh yang bisa dipercaya menjadi Plt (Pelaksana Tugas) Sekda Batu.

Pasalnya, hak prerogatif memilih Plt Sekda dimiliki oleh Wali Kota Batu.

"Itu hak Pak Wali. Nama-nama ada memang yang diajukan. Tapi kembali lagi kalau itu adalah kebijakan dari Wali Kota Batu," kata Wiwik Sukesi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Batu, Selasa (12/9/2017).

Ia mengatakan, hampir semua eselon 2 bisa menjadi Sekda Kota Batu. Kecuali yang baru menduduki jabatan saat lelang beberapa bulan lalu. Seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP.

Hal itu dikarenakan baru naik jabatan dari eseleon 3 ke eselon 2.

Wiwik menjelaskan sekitar akhir September lelang jabatan untuk tiga kedudukan jabatan. Yakni Sekda, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, dan Cipta Karya.

"Seluruh kepala SKPD yang eselon 2 b, bisa mengikuti lelang jabatan," katanya.

Ia menambahkan, sampai saat ini, perkembangan lelang jabatan ini masih menunggu hasil rapat dari Panitia Seleksi (Pansel).

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menambahkan terkait Plt Sekda ini Wali Kota Batu berhak menunjuk siapa yang pas untuk menjalankan program pemerintahan.

"Mekanismenya mengikuti ketentuan. Tapi sepenuhnya, kepala daerah bisa menunjuk siapa saja yang pas untuk jadi pasangannya. Tentu untuk menjalankan semua program di Pemkot Batu. Sepenuhnya ada di Kepala Daerah," kata Punjul.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help