SuryaMalang/

Malang Raya

Delapan Asesor Tuntaskan Tahap 2 Reakreditasi SD dan MI di Kota Malang

"Tahun 2015 sudah diusulkan karena masa akreditasinya sudah habis. Namun baru bisa dilaksanakan pada tahun ini," jelas Munir

Delapan Asesor Tuntaskan Tahap 2 Reakreditasi SD dan MI di Kota Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Dua asesor sedang mengerjakan tugasnya untuk reakreditasi di MI Nurul Huda 1 Kota Malang, Rabu (13/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tahap dua reakreditasi sekolah menyentuh ke 32 SD dan MI. Sedang tahap pertama telah diselesaikan dua bulan lalu kepada 64 sekolah sasaran. Jadi total ada 96 SD-MI di Kota Malang.

"Sisa sekolah yang menjalani rekreditasi di tahap dua ini tersebar," jelas M Taufik, asesor yang melakukan akreditasi di MI Nurul Huda 1 di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (13/9/2017). Ia bertugas bersama Basori, asesor lainnya.

Untuk menjalankan tugasnya mengkonfirmasi, verifikasi dan validasi atas delapan standar pendidikan, maka diterjunkan delapan asesor untuk 32 sekolah. Masing-masing sekolah diberi dua asesor. Sebab yang divalidasi cukup banyak. Dua asesor itu perwakilan dari dinas pendidikan dan kemenag yang telah memiliki sertifikat sebagai asesor.

"Pada dasarnya, yang menjalani reakreditasi adalah sekolah yang waktunya sudah habis. Namun karena kuota terbatas, maka harus menunggu waktu untuk diakreditasi lagi," jelasnya. Seperti di MI Nurul Huda 1 yang harus menunggu beberapa tahun.

"Tahun 2015 sudah diusulkan karena masa akreditasinya sudah habis. Namun baru bisa dilaksanakan pada tahun ini," jelas Munir, Kepala MI Nurul Huda 1 saat ditemui di sekolahnya.

Akreditasi madrasah ini B. Kini menginginkan menjadi A dengan tambahan-tambahan sarana prasarana, guru, siswa dll.

Asesor berada di madrasah ini sejak Rabu (14/9/2017) sampai Kamis (14/9/2017). Dari delapan standar pendidikan, uraiannya ada 119 item. Ia berharap sekolahnya bisa mendapat akreditasi A.

Apalagi ada pembangunan kelas baru di gedung lama hasil bantuan masyarakat Jepang. Sehingga MI ini memiliki dua gedung. Gedung baru bakal untuk kelas 3 dan 4. Sedang gedung satunya untuk kelas 1,2, 5 dan 6.

Total siswanya ada 343 siswa dari 11 rombongan belajar (rombel). Dan guru-gurunya mencapai 25 orang dari semula 10 orang. Selain itu juga ada guru yang sudah S2 dan dua orang sedang proses penyelesaian S2. Pada akreditasi tahun ini, untuk mencapai A, maka nilainya perlu 91 sampai 100. Koka sebelumnya, 2016, nilai 86 sudah dapat A.

"Makin tingginya nilai untuk A juga jadi tantangan sekolah," kata Munir.

Namun diyakini Taufik, dengan tantangan itu, sekolah juga berupaya dengan apa yang diinginkan. Termasuk pemberkasan sudah lewat online. Maka sekolah juga berupaya. Saya yakin, hasil akreditasi berpengaruh pada peningkatan kualitas sekolah.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help