SuryaMalang/

Malang Raya

Sekda Kota Malang Tanamkan Leadership pada Mahasiswa Baru ITN Malang, Ada 9 Tanda Jiwa Pemimpin

Rektor ITN, Dr Ir Lalu Mulyadi MT menambahkan kegiatan itu memang bertujuan agar mahasiswa memiliki tambahan ilmu pengetahuan di luar perkuliahan.

Sekda Kota Malang Tanamkan Leadership pada Mahasiswa Baru ITN Malang, Ada 9 Tanda Jiwa Pemimpin
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Sekda Kota Malang, Wasto memberi materi leadership pada mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional (ITN), Rabu (13/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto memberi materi leadership pada 1.123 mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional (ITN), Rabu (13/9/2017).

Ia mengatakan mahasiswa memiliki posisi dan peran strategis.

Maka jika ingin mengubah bangsa, perlu membangun agen perubahan.

"Otomatis perguruan tinggi menjadi lembaga pendidikan formal terakhir yang harus ditempuh sebelum seorang anak terjuan ke masyarakat. Jika perguruan tinggi keliru mendidik mahasiswanya, maka akan keliru juga masyarakatnya," tuturnya.

Dalam kesempatan itu ia juga memaparkan 9 tanda jiwa pemimpin dan memberi contoh dari apa yang sudah dilakukan oleh Wali Kota Malang, M Anton.

"Tanda pemilik jiwa pemimpin adalah visioner, yaitu mampu melihat ke depan namun tidak meninggalkan pemahaman secara detil. Kemudian melampaui standar, sehingga mampu melakukan lebih dari fungsi dasar sebagai kebutuhan dan nilai tambah. Contohnya jika mahasiswa ya tidak hanya kuliah," tuturnya.

Tanda yang lain, ia melanjutkan, yaitu bisa bekerjasama dan melihat bakat orang lain sebagai aset, positif thinking, terbuka untuk perubahan, berani memilih dan membuat keputusan, bertanggung jawab, membawa semua maju, dan rendah hati.

"Mahasiswa wajib mempelajari akademis namun juga harus diimbangi dengan sharing pengalaman yang telah dialami oleh generasi sebelum mereka agar kesinambungan generasi dapat terjalin," ujarnya pada SURYAMALANG.COM.

Ia berharap mahasiswa di Kota Malang tidak hanya berkuliah namun juga memahami apa yang terjadi di masyarakat dan pemerintahan.

"Sehingga nantinya mereka mampu berkontribusi dan mengaplikasikan ilmu mereka di tataran masyarakat," tuturnya.

Rektor ITN, Dr Ir Lalu Mulyadi MT menambahkan kegiatan itu memang bertujuan agar mahasiswa memiliki tambahan ilmu pengetahuan di luar perkuliahan.

"Jadi secara seimbang mereka juga bisa memahami kondisi Kota Malang," tutupnya. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help