SuryaMalang/

Malang Raya

Seminar Internasional Teknik Pengairan UB Malang Harapkan Beri Manfaat Pengembangan Sumber Daya Air

"Harapannya bisa menghadirkan perkembangan teknologi terbaru serta metode dalam upaya pengelolaan sumber daya air dan teknik lingkungan,"

Seminar Internasional Teknik Pengairan UB Malang Harapkan Beri Manfaat Pengembangan Sumber Daya Air
IST
International Converence of Water Resources Development and Enviromental Protection Teknik Pengairan UB, Kamis (14/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya (UB) Malang mengadakan International Converence of Water Resources Development and Enviromental Protection, Kamis (14/9/2017).

Seminar tentang pengembangan sumberdaya air dan perlindungan lingkungan itu dihadiri pemateri dari beberapa negara, antara lain Jepang, Malaysia, Thailand, dan Australia.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Pitojo Tri Juwono MT berharap seminar internasional itu bisa memberikan wadah diskusi ilmiah bagi masyarakat sumber daya air.

"Harapannya bisa menghadirkan perkembangan teknologi terbaru serta metode dalam upaya pengelolaan sumber daya air dan teknik lingkungan," tuturnya.

Sumber daya air semakin tergerus karena semakin meningkatnya degradasi lahan dan menurunnya daya dukung lingkungan saat ini.

Ketua Jurusan Teknik Pengairan FT UB, Ir Moh Solichin MT PhD mengatakan masalah pengembangan sumberdaya air dan perlindungan lingkungan tidak hanya dirasakan di Indonesia tetapi juga di dunia.

"Perbedaannya, pengolahan air di beberapa negara yang lebih maju lebih bersih karena pengelolaan air dan limbahnya lebih teratur dan tertib. Sedangkan di Indonesia, beberapa sungai tampak tercemar dan kotor," ungkapnya.

Ia berharap, adanya joint riset yang terjalin setelah seminar internasional ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan pengembangan sumberdaya air.

Seminar internasional tersebut diikuti oleh 80 peserta dari peneliti dan akademisi dalam dan luar negeri, yang terdiri dari 37 partisipan dan 43 presenter.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help