SuryaMalang/

Malang Raya

Fakultas Teknik UM Ajukan Pembukaan Prodi Tata Rias ke Kemenristekdikti

Sekarang pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Fakultas Teknik UM Ajukan Pembukaan Prodi Tata Rias ke Kemenristekdikti
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Universitas Negeri Malang (UM) segera membuka program studi S1 Pendidikan Vokasional Tata Rias dan S1 Pariwisata.

Dekan Fakultas Teknik UM, Dr Andoko ST MT mengatakan dua prodi tersebut akan masuk pada Jurusan Teknologi Industri di bawah Fakultas Teknik.

Pihaknya sudah mengajukan.

Sekarang pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Seharusnya persetujuan sudah keluar pada akhir tahun ini. Makanya kami sudah mulai persiapan, antara lain menentukan ketua program studi. Sehingga tahun depan sudah bisa menerima mahasiswa baru,” ujar Andoko kepada SURYAMALANG.COM.

Pendidikan Vokasional Tata Rias memang dibutuhkan khususnya di Jawa Timur.

“Fungsi utama prodi kependidikan adalah untuk menyiapkan calon guru SMK. Sedangkan guru SMK pada bidang tersebut masih kurang di Jatim,” tuturnya.

Sebab, prodi pendidikan Tata Rias di Jatim baru ada di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

“Jadi ini memang kebutuhan regional Jatim dan nasional. SMK butuh guru yang kompeten,” jelasnya.

Selain itu, kebutuhan tata rias juga semakin meningkat.

Andoko berharap UM mencetak wirausahawan bidang tata rias.

“Seperti prodi Tata Boga dan Tata Busana yang sudah ada. Banyak juga yang menjadi wirausahawan di bidang masing-masing. Potensi keterserapan kerjanya di dunia kerja juga sangat baik,” terangnya.

Dua prodi tersebut akan memperlengkap program studi Tata Busana dan Tata Boga yang telah dimiliki oleh UM, yang juga berada di bawah Jurusan Teknologi Industri.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help