SuryaMalang/

Malang Raya

Puluhan Domba Tewas Diserang, Polisi dan Wakil Wali Kota Malang Minta Warga Lakukan Ini

Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan kepolisian segera berkoordinasi dengan perangkat kelurahan, RW, dan RT yang di wilayahnya ada populasi domba.

Puluhan Domba Tewas Diserang, Polisi dan Wakil Wali Kota Malang Minta Warga Lakukan Ini
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Kambing selamat namun terluka parah akibat diterkam anjing di sebuah kandang di kawasan Sudimoro, Kota Malang, Senin (18/9/2017) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Keluarga Bonawi tidak pernah menduga domba mereka diserang anjing, Senin (19/9/2017) pagi.

Sebab malam harinya, semua domba masih sehat saja dan berkumpul di kandang di lahan kosong salah satu perumahan di kawasan Sudimoro Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Bahkan, Minggu (17/9/2017) malam Bonawi dan anak-anaknya mengecat bulu domba memakai cat semprot berwarna merah.

Sebanyak 35 ekor domba di kandang itu dicat sampai pukul 23.00 WIB.

"Mitosnya, katanya suruh dicat kalau ada kejadian kayak gini. Kami sudah mendengar adanya serangan hewan terhadap domba. Sehingga kami cat memakai warna merah, biar tidak diserang. Ternyata tadi pagi diserang anjing," ujar Arif Wicaksono, anak Bonawi.

Usai mengecat domba mereka, keluarga itu meninggalkan kandang domba.

Alangkah kagetnya ketika pagi harinya, mereka mendapati sembilan ekor domba tumbang akibat serangan anjing.

Dari sembilan ekor itu, enam mati dan tiga terluka parah.

Kasubag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan kepolisian segera berkoordinasi dengan perangkat kelurahan, RW, dan RT yang di wilayahnya ada populasi kambing dan domba.

"Silahkan berkoordinasi dengan kepolisian, sehingga nanti Kanit K9 bisa menangkap anjing yang sudah meresahkan ini," ujar Haeni dalam pesan singkatnya.

Ia meminta masyarakat melapor daerah mana saja yang sudah dimasuki anjing tersebut.

Ketika polisi sudah mengetahui wilayah mana saja yang dimasuki anjing itu, Unit K9 bisa bergerak untuk melacak dan mengejar anjing tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sutiaji berharap masyarakat melakukan patroli di kawasan yang memiliki populasi kambing dan domba.

"Masyarakat silahkan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan patroli. Selain itu tolong juga lakukan poskamling, sehingga bisa menjaga lingkungan termasuk dari serangan hewan itu," tegas Sutiaji.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help