SuryaMalang/

Malang Raya

Dispendukcapil Kabupaten Malang Siap Antar Dokumen Kependudukan ke Rumah Warga

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang siapkan layanan antar E-KTP, Kartu Keluraga, Akta Kelahiran ke rumah

Dispendukcapil Kabupaten Malang Siap Antar Dokumen Kependudukan ke Rumah Warga
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kantor layanan administrasi kependudukan Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang siapkan layanan antar E-KTP, Kartu Keluraga, Akta Kelahiran ke rumah warga.

Hal itu sebagai salah satu terobosan Dispendukcapil dalam upaya peningkatan layanan kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi mengatakan, layanan pengantaran dokumen kependudukan ke rumah warga saat ini sedang dalam tahapan pembahasan tim teknis Dispendukcapil.

Termasuk kebutuhan anggaran untuk melaksanakan program pengantaran dokumen kependudukan ke rumah warga.

"Mudah-mudahan tahun ini sebelum memasuki tahun 2018 rencana program itu bisa kami realisasikan," kata Purnadi, Minggu (24/9/2017).

Dijelaskan Purnadi, dalam melaksanakan program pengantaran dokumen kependudukan ke rumah warga di Kabupaten Malang nantinya Dispendukcapil akan menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan jasa pengantaran barang atau paket.

Dan nantinya bagi warga yang sudah melakukan pengurusan dokumen kependudukan mulai E-KTP, KK, Akta, dan lain sebagainya tidak perlu lagi disibukkan datang kembali ke kantor layanan Dispendukcapil.

"Hal itupun kami maksudkan untuk mengurangi jumlah warga yang datang ke kantor layanan kami dan lebih efisien," ucap Purnadi.

Memang, diakui Purnadi, sebenarnya layanan antar dokumen kependudukan ke rumah warga pernah dilakukan Dispendukcapil bekerjasama dengan Kantor Pos. Akan tetapi, karena biaya pengantaran ditanggung oleh penerima dokumen sehingga ada sejumlah keberatan dari warga.

Hingga akhirnya tahun ini rencananya layanan antar dokumen kependudukan ke rumah warga akan kembali dilakukan namun seluruh biaya ditanggung oleh APBD Kabupaten Malang. Dengan demikian warga tidak mengalami keberatan, terutama warga kurang mampu di seluruh Kabupaten Malang.

"Untuk itu, semoga rencana tersebut bisa secepatnya dilaksanakan," tandas Purnadi yang belum bisa merinci kebutuhan anggaran pengantaran dokumen kependudukan.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help