SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Dua Sekolah di Kota Batu Jalani Penilaian untuk Mendapatkan Predikat Adiwiyata Provinsi

pihaknya ingin menjadikan sekolah ini sejuk yang dipenuhi taman sehingga membuat siswa nyaman saat belajar dan berada di sekolah.

Dua Sekolah di Kota Batu Jalani Penilaian untuk Mendapatkan Predikat Adiwiyata Provinsi
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Tim Verifikasi Adiwiyata tingkat Provinsi saat berbincang dengan siswa SDN Songgokerto 3 Kota Batu untuk penilaian Adiwiyata, Jumat (6/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Dua sekolah di Kota Batu sedang menjalani proses menuju predikat Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim. Dua sekolah itu ialah SDN Songgokerto 03 dan SDN Ngaglik 01. Dalam penilaian Adiwiyata ini, dilakukan oleh tim penilaian ini dari Pemprov Jawa Timur.

Sebagaimana yang diketahui, Adiwiyata adalah program sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih serta indah. Tim penilaian Adiwiyata ini menghampiri SDN Songgokerto 3 terlebih dahulu.

Dari pantauan SURYAMALANG.COM, tim verifikasi Adiwiyata ini berkeliling di area sekolah. Mereka menilai beberapa aspek di sekolah itu, seperti melihat hasil olahan sampah menjadi vas bunga, dan kerajinan lainnya yang dipamerkan di sekolah itu. Siapa sangka, hasil kerajinan ini merupakan karya siswa sekolah itu.

Kemudian menuju area green house melihat tanaman yang dikoleksi. Bahkan tim penilai juga menilai struktur bangunan, estetika sekolah atau keindahannya, tata kelola tanaman, tata kelola pemilahan sampah.

Ketua Tim Verifikasi Provinsi, Idham Ma’arif mengatakan, verifikasi lapangan ini dilakukkan untuk mencocokkan hasil laporan yang sudah disampaikan sebelumnya.

"Tinjauan lapangan ini untuk mencocokkan apakah data yang kami dapat sesuai dengan yang di lapangan," kata dia di tengah-tengah menilai.

Kepala SDN Songgojerto 3, Suliyani, mengatakan pihaknya ingin menjadikan sekolah ini sejuk yang dipenuhi taman sehingga membuat siswa nyaman saat belajar dan berada di sekolah.

“Tahun 2014 di sini gersang sekali mbak. Bagaimana cara sekolah ini nyaman buat siswa. Akhirnya kami mengajak siswa untuk mulai mengenal tanaman, mengelola sampah sampai jadi kerajinan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Batu, Arief As Siddiq menambahkan, pihaknya terus memberikan pembinaan kepada sekolah-sekolah. Terutama terkait tata lingkungan hidup.

"Pemberian fasilitas tempat sampah organik non organik ini juga wujud kami agar siswa sejak dini bisa mengetahui pengelolahan sampah. Karena sekolah ini sudah bisa menerapkan, maka kami ajukan untuk verifikasi Adiwiyata tingkat Provinsi," kata Arief.

Sekolah di Kota Batu yang sudah mendapatkan predikat Adiwiyata tingkat mandiri ada SDN Tulungrejo 04. Kemudian sekolah dengan predikat Adiwiyata tingkat nasional adalah SDK Sang Timur, SDN Temas 01, SDN Punten 01, dan SDN Tulungrejo 01.

Lalu untuk Adiwiyata provinsi ada SMAN 01 dan SD Muhammadiyah 04, serta ada 14 sekolah yang menyandang Adiwiyata kota.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help