SuryaMalang/

Malang Raya

Pasar Dicoret dari Daftar KTR, Kadinkes Kota Malang Beri Tanggapan Ringan Seperti Ini

Meskipun dicoret, diharapkan pasar tetap menyediakan area khusus merokok sehingga pengunjung tidak sembarangan merokok di dalam bangunan pasar.

Pasar Dicoret dari Daftar KTR, Kadinkes Kota Malang Beri Tanggapan Ringan Seperti Ini
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Suasana Pasar Tradisional Oro-oro Dowo, Kota Malang, Rabu (11/10/2017). Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mencoret lokasi pasar sebagai KTR. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Panitia khusus (Pansus) Ranperda KTR mencoret pasar dalam pembahasan final Ranperda itu di gedung DPRD Kota Malang, Rabu (11/10/2017).

 Ini artinya pasar di kota Malang belum menjadi area yang dibebakan dari rokok yang nantinya diatur dalam Perda.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Asih Tri Rachmi tidak mempermasalahkan pencoretan pasar dari kawasan tanpa rokok di Ranperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Meskipun dicoret, ia mengharapkan pasar tetap menyediakan area khusus merokok sehingga pengunjung tidak sembarangan merokok, terutama di dalam bangunan pasar.

"Karena pasar itu kan lokasi di mana pengunjung berhimpitan, ada perempuan, ada perempuan hamil, ada anak-anak. Harapan kami meski dicoret, tetap adalah tempat khusus untuk merokok," ujar Asih yang dihubungi SURYAMALANG.COM, Rabu (11/10/2017).

Ia menegaskan, pada prinsipnya pengaturan tentang area bebas dan tidaknya merokok itu untuk melindungi kesehatan masyarakat.

"Prinsipnya kan hanya pengaturan saja. Karena selama masih ada langit biru terbuka maka di situ boleh merokok. Gampang kok sebenarnya," tegasnya.

Namun jika area itu kawasan tertutup, apalagi berpendingin ruangan, maka seyogyanya tidak boleh ada asap roko di area tersebut

Seperti diberitakan sebelumnya, pasar dicoret dari daftar area bebas rokok dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR). 

Baca: Kota Malang Belum Jadikan Pasar Sebagai Kawasan Bebas Rokok, Ini Kronologis Ranperda KTR

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help