SuryaMalang/

Malang Raya

Guru PAUD dan SD Ikuti Pelatihan Pembuatan Homemade Clay di Universitas Negeri Malang

Ini bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan keterampilan. Bahan baku clay tidak perlu beli jadi namun bisa dibuat sendiri

Guru PAUD dan SD Ikuti Pelatihan Pembuatan Homemade Clay di Universitas Negeri Malang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Guru-guru membentuk berbagai benda dari bahan clay yang dibuat dari aneka tepung di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (12/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Sejumlah guru PAUD dan SD mengikuti pelatihan pembuatan homemade clay dan penerapannya untuk entrepreurship di gedung E8 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (12/10/2017).

Mereka dilatih oleh Diah Tri Puspitaning Palupi, mahasiswa semester 7.

Panitia telah menyiapkan bahan-bahan pembuatannya dari aneka tepung makanan, baby oil dll.

"Kami memberi pelatihan ini untuk memberi wawasan seni budaya dalam bentuk beda. Guru-guru nanti bisa mempraktikkan ke siswanya karena bahannya ramah anak," jelas Drs AAG Rai Arimbawa MSn, ketua panitia kepada SURYAMALANG.COM.

Ini bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan keterampilan. Bahan baku clay tidak perlu beli jadi namun bisa dibuat sendiri.

"Misalkan untuk bahan tepung beras, bisa lho memanfaatkan beras yang sudah apek dan digiling untuk jadi bahan clay," papar dia.

Namun saat pelatihan itu, para guru diberi bahan tepung makanan sudah jadi yaitu tepung beras, tepung maizena dan tepung tapioka. Dalam penjelasan ke para guru, Diah menyatakan bahan clay untuk siswa bisa membuat sendiri.

"Kalau untuk siswa PAUD bisa bikin bentuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Setelah itu dibingkai jadi bagus," tutur Diah sambil menunjukkan contohnya.

Para guru kemudian diajak praktik bersama. Saat adonan sudah kalis, maka bisa dibentuk aneka benda.

Tak lupa diberi pewarna agar menarik. Diah menyarankan membuat clay dalam bentuk kecil agar tidak sulit dan lebih menarik. Jika sudah bisa membuat, ia berpesan agar kerap latihan agar hasilnya makin bagus.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help