SuryaMalang/

Malang Raya

Media Sosial Ternyata Penting untuk Penanggulangan Bencana, Simak Paparan Dosen dari Jepang Ini

Beberapa yang ia garis bawahi adalah tentang big data dan penginderaan jauh untuk manajemen bencana alam.

Media Sosial Ternyata Penting untuk Penanggulangan Bencana, Simak Paparan Dosen dari Jepang Ini
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Dosen Wako University Jepang, Prof Dr Ir Bambang Rudyanto mengisi kuliah tamu di Fakultas Teknik Universitas Islam Malang, Kamis (12/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dosen Wako University Jepang, Prof Dr Ir Bambang Rudyanto mengisi kuliah tamu di Fakultas Teknik Universitas Islam Malang, Kamis (12/10/2017).

Bambang menjelaskan mengenai Teknologi Sistem Informasi dan Penginderaan Jauh untuk Manajemen Bencana Alam.

Beberapa yang ia garis bawahi adalah tentang big data dan penginderaan jauh untuk manajemen bencana alam.

"Big data adalah data dalam jumlah besar yang tediri dari sensor canggih dan umpan sosial media. Big data memungkinkan penerima untuk bereaksi terhadap bencana alam dengan lebih efisien," jelasnya.

Misalnya yang cukup ideal dan efisien adalah peta bencana alam yang disajikan secara real time.

Peta tersebut menunjukkan orang yang terlantar akibat bencana alam, kerusakan yang dialami, dan seberapa fatal kejadian tersebut.

"Pentingnya big data saat bencana alam adalah untuk menyelamatkan nyawa orang-orang dengan menyediakan informasi evakuasi, misalnya dengan GPS. Kemudian untuk menjangkau area terpencil, dan mengetahui kebutuhan di area yang terdampak," lanjutnya.

Sedangkan untuk pemulihan pasca bencana alam, big data berfungsi untik konfirmasi keselamatan, koordinasi sukarelawan, suplai logistik, dan lain sebagainya.

"Saat itu sosial media harusnya digunakan secara benar untuk menambah informasi dan merespon kebutuhan lokasi bencana alam. Juga untuk membantu pemulihan bangunan, misalnya," tuturnya.

Bambang berharap kuliah tamu ini akan membuka keinginan mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Unisma untuk menciptakan suatu solusi kemajuan teknologi di Indonesia.

"Indonesia kan sering bencana alam juga. Semoga kuliah tamu ini bisa menghasilkan solusi baru yang lebih efisien untuk kejadian di masa depan," tutupnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help