SuryaMalang/

Malang Raya

Seminar Nasional Deradikalisasi FH UB Malang Cari Jalan Keluar Penanggulangan Terorisme

"Selain itu juga kontra ideologi karena terorisme berbeda dengan ideologi besar yang ada dan menjadi pengacau. Serta beberapa kontra lain,"

Seminar Nasional Deradikalisasi FH UB Malang Cari Jalan Keluar Penanggulangan Terorisme
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Seminar nasional bertema Memahami Deradikalisasi: Mencari Pola yang Tepat Penanggulangan Terorisme di Indonesia, Kamis (12/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang mengadakan seminar nasional bertema Memahami Deradikalisasi: Mencari Pola yang Tepat Penanggulangan Terorisme di Indonesia, Kamis (12/10/2017).

Dekan FH UB, Dr Rachmad Safa'at SH MSi mengatakan sudah menjadi tugas bersama untuk berusaha memecahkan isu bangsa yang dianggap penting, yaitu terorisme. Isu terorisme sudah mengemuka di Indonesia selama dua dekade terakhir.

"Indonesia dihadapkan dengan isu ini sehingga harus mencari model penanggulangan yang tepat. Sementara, bicara penanggulangan harus juga mereview faktor penyebab terorisme," katanya.

Ia melanjutkan, ketimpangan tata ekonomi, politik, dan teknologi dunia menyebablan adanya kelompok yang merasa dimarjinalisasikan dan merasa sebagai korban dari ketidakadilan.

"Komunis dianggap selesai dengan runtuhnya Rusia. Padahal belum selesai. Sekarang Islam menjadi korban stigma sebagai lawan tanding selain komunis. Ini menjadi bagian perdebatan pelik yang jika salah model penanggulangannya akan menghantam bangsa sendiri," lanjutnya.

Ia pun menyebutkan beberapa kontra terorisme yang harus dilakukan agar tak salah penanggulangan. Yaitu kontra narasi, mengenai penjelasan terorisme, bagaimana kerja mereka agar tidak salah menangani.

"Selain itu juga kontra ideologi karena terorisme berbeda dengan ideologi besar yang ada dan menjadi pengacau. Serta beberapa kontra lain," ujar dia.

Rachmad berharap forum seminar nasional itu bisa mendapatkan jalan keluar penanggulangan terorisme.

"Terutama bagi umat muslim untuk memaknai jihad dengan benar. Banyak muslim yang diiming-imingi jihad dengan balasan surga dengan melakukan tindak terorisme," tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help