SuryaMalang/

Travelling

11 Titik Destinasi di Kayu Tangan Kota Malang yang Bikin Kamu Terbuai, Cekidot Ya Guys!

Menyusuri koridor ini lebih asyik berjalan kaki. Setidaknya butuh waktu dua jam untuk berjalan-jalan di jalur wisata heritage ini.

11 Titik Destinasi di Kayu Tangan Kota Malang yang Bikin Kamu Terbuai, Cekidot Ya Guys!
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Spot Kajoe Tangan (Kayu Tangan) di Jalan Basuki Rachmat Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Koridor Kayutangan merupakan salah satu koridor wisata heritage yang ada di Kota Malang. Kawasan ini adalah kawasan terkenal di Malang Raya.

Koridor Kayutangan memanjang mulai dari Kantor PLN Kayutangan hingga berakhir di seputaran Alun-Alun Merdeka Kota Malang, atau sepanjang Jl Basuki Rahmad hingga seputaran Jl Merdeka. 

Koridor Kayutangan ditambah pula kawasan Tugu, tepatnya Alun-Alun Bundar Tugu. Taman Tugu dikelilingi oleh kantor Pemerintahan Kota Malang, yakni Balai Kota dan DPRD Kota Malang

Nah, apa sih yang bisa kalian lihat dari koridor Kayutangan? SURYAMALANG.COM menyadur dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan rute yang dimiliki Komunitas A Day To Walk saat berjalan-jalan di Koridor Kayutangan.

1. Kayutangan sudah ada di buku Laporan Belanda sejak tahun 1914. Daerah Kayutangan terbentang mulai dari pertigaan PLN sampai ke Gereja Kayutangan di erah tahun 1930 - 1940. Tahun 1960 - 1970, kawasan Kayutangan menjadi pusat keramaian Kota Malang karena menjadi pusat perdagangan dan perkantoran. 

2. Perempatan Kayutangan, atau disebut perempatan Radjabally menghubungkan Jl Kahuripan - Semeru - Basuki Rahmad. Pertokoan di sekitar perempatan ini dibangun oleh Karel Bosh tahun 1936 dengan bangunan kembarnya. 

3. Kantor Telkom : bangunan ini bekas Kantor Pos, Telegram, dan Telepon yang dibangun tahun 1909. Pada Agresi Militer I, kantor ini terkena bumi hangus. 

4. Monumen Chairil Anwar : Monumen Chairil Anwar didirikan atas gagasan Hudan Dardari untuk membuktikan perjuangan melalui seni dan tulisan. Monumen ini diresmikan tahun 1955. 

5. Toko Oen : Toko Oen merupakan restoran yang menjual penganan tradisional yang berdiri sejak tahun 1930. Posisinya yang strategis di ekat Societet Concordia (sekarang Sarinah) merupakan tempat berkumpulnya orang-orang Belanda. Pada KOngres KNIP 25 Februari 1947, Toko Oen menjadi tempat kongkow peserta kongres atau sekadar makan siang. Toko Oen termasuk bangunan yang selamat dari peristiwa bumi hangus. 

6. Gereja Hati Kudus Yesus atau Gereja Kayutangan  

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help