SuryaMalang/

Malang Raya

Longsor di Joyogrand Inside Kota Malang yang Tewaskan 1 Korban, Plengsengan Ditutup Terpal

Terpal itu tepat berada di belakang enam rumah di Blok A Joyogrand Inside. Terpal menutupi plengsengan yang kosong.

Longsor di Joyogrand Inside Kota Malang yang Tewaskan 1 Korban, Plengsengan Ditutup Terpal
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Polisi dan petugas BPBD Kota Malang melihat lokasi longsor di Perumahan Joyogrand Inside, Kota Malang, Senin (13/11/2017). Terlihat tanah kosong di atas plengsengan yang rentan longsor ditutup memakai terpal. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Badrus Sholeh menuturkan pihaknya menyarankan kepada pengembang untuk menutup tanah kosong di atas plengsengan yang rentan longsor memakai terpal.

Terpal penutup itu kemudian disalurkan ke saluran pembuangan air. saluran pembuangan air itu juga ditutupi terpal.

"Atas saran dari kami, itu langkah pendek yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi ketika hujan deras turun lagi. Yang masang terpal pihak pengembang," ujar Badrus yang ditemui SURYAMALANG.COM di Perumahan Joyogrand Inside, Senin (13/11/2017).

Terpal itu tepat berada di belakang enam rumah di Blok A Joyogrand Inside. Terpal menutupi plengsengan yang kosong. Terpal itu dipasang Senin (13/11/2017) pagi.

Menurut Badrus, penanganan terhadap longsor itu menjadi tanggungjawab pengembang perumahan. BPBD memantau penanganannya. Petugas BPBD juga membantu korban penghuni rumah yang rusak akibat longsor.

"Kami membantu mengemasi barang milik penghuni rumah ini, barang-barang berharga yang bisa diselamatkan. Kami keluarkan bersama pemilik barang setelah dibolehkan oleh pihak kepolisian," imbuhnya.

Sementara itu pihak pengembang Joyogrand Inside belum bisa dikonfirmasi. Seorang pegawai yang mengaku bertugas sebagai penjaga gudang, tidak mau memberikan keterangan.

"Nanti ke pengembangnya saja, Pak Mahmud. Beliau masih ke rumah duka di Pekalongan," ujarnya.

Dia hanya menuturkan, kalau pengembang Joyogrand Inside dan Joyogrand Danendra adalah sama. Hanya saja dua perumahan bertetangga itu diberi nama berbeda.

Pekalongan merupakan rumah duka Dina Oktaviani. Jenazah Dina dipulangkan ke rumah duka, Minggu (12/11/2017) malam sekitar pukul 23.00 Wib. Seluruh biaya rumah sakit dan pengiriman jenazah ditanggung oleh pihak pengembang perumahan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help