SuryaMalang/

Blitar

Taiwan dan Hongkong jadi Favorit TKI asal Kota Blitar, Ternyata ini Alasannya

#BLITAR - Berapa sebetulnya gaji TKI sebagai pembantu rumah tangga, perawat anak, perawat orang tua jompo atau tukang kebun? BACA-->>

Taiwan dan Hongkong jadi Favorit TKI asal Kota Blitar, Ternyata ini Alasannya
pixabay/Lau_wo
ILUSTRASI - SUASANA HONGKONG 

SURYAMALANG.COM, BLITAR  – Taiwan dan Hongkong menjadi negara favorit bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tenaga kerja wanita (TKW) asal Kota Blitar. Alasannya, upah di Taiwan dan Hongkong cukup besar, yakni, Rp 8 juta per bulan untuk tenaga informal.

“Para TKI dan TKW asal Kota Blitar paling banyak memilih bekerja di Taiwan dan Hongkong karena gajinya lumayan besar,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar, Suharyono, Minggu (12/11/2017).

Dari hasil survei internal Dinas Penanaman Modal dan PTSP menyebutkan para TKI dan TKW lebih memilih bekerja di sektor informal. Misalnya, sebagai pembantu rumah tangga, perawat anak, perawat orang tua jompo, dan tukang kebun.

Pekerjaan ini lebih mudah karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Sedangkan gajinya lumayan besar sekitar Rp 8 juta per bulan.

Suharyono mengatakan jumlah TKI dan TKW asal Kota Blitar juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2011, jumlah TKI dan TKW asal Kota Blitar hanya sekitar 35 orang. Jumlah itu meningkat pada 2012 menjadi 101 orang. Jumlah TKI dan TKW terus mengalami kenaikkan dari tahun ke tahun dan puncaknya pada 2016 sebanyak 167 orang.

Pendidikan para TKI dan TKW dari Kota Blitar rata-rata lulusan SMP. Mereka memilih mengadu nasib ke luar negeri karena merasa tidak bisa bersaing di Kota Blitar. Selain itu, mereka juga ingin mengubah ekonomi secara cepat dengan menjadi TKI dan TKW.

“Rata-rata TKI dan TKW dari Kota Blitar lulusan SMP. Mereka memilih kerja di luar negeri untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga,” ujarnya. 

Install aplikasi SURYAMALANG.com di Android hanya 1,64 MB, KLIK DI SINI

Baca berita 

lebih cepat, install aplikasi SURYA Online via Android

UPDATE BERITA TERKINI MALANG RAYA:

LIKE Facebook Surya Arema
FOLLOW Instagram Surya Malang
FOLLOW Twitter Surya Malang

Penulis: Samsul Hadi
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help