SuryaMalang/

Malang Raya

Universitas Brawijaya Gelar Sosialisasi Capaian Indonesia di Seminar Kerjasama Selatan-Selatan

Indonesia berangsur mengambil peran sebagai negara penyedia bantuan, bukan lagi hanya sebagai negara penerima.

Universitas Brawijaya Gelar Sosialisasi Capaian Indonesia di Seminar Kerjasama Selatan-Selatan
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Rektor UB, Prof M Bisri membuka Seminar on Indonesia‚Äôs South-South Cooperation (Kerjasama Selatan-Selatan): Exploring the Potentials, Selasa (14/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi tuan rumah Seminar on Indonesia’s South-South Cooperation (Kerjasama Selatan-Selatan): Exploring the Potentials, Selasa (14/11/2017).

Seminar itu hasil kerjasama antara Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan pada Organisasi Internasional, Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan, Kementerian Luar Negeri RI, dan Pusat Kajian KSS UB.

Seminar tersebut adalah dalam rangka mensosialisasikan capaian KSS Indonesia pada negara selatan dengan meningkatnya status Indonesia sebagai Negara Berkembang Berpenghasilan Menengah (Middle Income Developing Countries) dan anggota G-20.

Sehingga, Indonesia berangsur mengambil peran sebagai negara penyedia bantuan, bukan lagi hanya sebagai negara penerima.

Rektor UB, Prof M Bisri berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di seminar, namun juga yang terpenting adalah adanya tindak lanjut konkrit setelahnya.

"Jika konferensi ini berjalan baik maka berhasil memberikan penjelasan utuh mengenai informasi negara selatan dan Kerjasama Selatan-Selatan yang bisa dimanfaatkan institusi lain," katanya.

Salah satu kegiatan KSS yang juga dilakukan UB adalah mendatangkan dosen dari negara selatan dan mengirimkan dosen UB ke negara-negara tersebut.

"Ini juga mendukung program 3 in 1 UB yaitu 3 dosen untuk 1 mata kuliah yang salah satu dosennya adalah dosen luar negeri. Sampai saat ini kami juga sudah ada dosen dari Kirzigstan, India, dan Turki," ujar dia.

Selanjutnya, UB juga akan melakukan roadshow pengembangan kerjasama negara selatan ke Arab Saudi, Yordania, Maroko, dan Turki.

"Roadshow itu akan mengundang dosen dari sana atau mengirim dosen ke sana. Program lain juga akan dikembangkan selanjutnya," tutupnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help