SuryaMalang/

Malang Raya

Masih Ingat Pembunuhan Sadis di Rolak Kedungkandang Malang? Inilah Babak Baru Pengusutannya

Ketiga terdakwa yakni Mas'ud, Yani Dedy Saputra, dan M Taufik menjalani sidang perdana dengan agenda dakwaan di Pengadilan Negeri

Masih Ingat Pembunuhan Sadis di Rolak Kedungkandang Malang? Inilah Babak Baru Pengusutannya
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Tiga terdakwa pembunuh Zainudin berjalan menuju ruang tahanan PN Kota Malang setelah menjalani persidangan perdana, Rabu (15/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - Tiga terdakwa pembunuhan terhadap almarhum Zainuddin (21) warga Madura yang tinggal di Jl Kolonel Sugiono Gang IX D, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang, di dekat Sungai Rolak terancam hukuman seumur hidup atau 20 tahun.

Ketiga terdakwa yakni Mas'ud, Yani Dedy Saputra, dan M Taufik menjalani sidang perdana dengan agenda dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang, Rabu (15/11/2017).

Jaksa penuntut umum (JPU) Samsul Hanubawa mengungkapkan hal itu sesaat setelah sidang. Samsul menjelaskan, tuntutan itu diberlakukan karena terdakwa dinilai sangat sadis saat menghabisi korban. Selain itu, tindakan membunuh terhadap Zainudin juga direncanakan.

"Kami dakwa dengan pasal primer 340, subsider 338 subsider 170 ayat 2, ke-3, atas dugaan menghilangkan nyawa orang lain berencana dengan ancaman seumur hidup atau 20 tahun," ujar Samsul, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, sidang akan dilanjutkan Senin, pekan depan (20/11/2017) dengan agenda pemeriksaan saksi saksi. Dalam agenda pemeriksaan saksi, JPU akan menghadirkan tiga orang saksi yang sudah divonis di persidangan sebelumnya.

"Rencananya, ketiga teman terdakwa yang turut serta dan saat ini sudah berada di tahanan, akan dihadirkan sebagai saksi," paparnya.

Sementara itu, Beni Ruslan dari LBH Bima yang mendampingi terdakwa belum bisa memberikan banyak keterangan karena ia belum mendapatkan salinan berkas dari JPU.

"Belum bisa komentar, salinannya aja belum dikasih. Tapi yang pasti kami mendampingi," ujarnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, Zainudin (21), menjadi korban pembunuhan oleh enam tersangka di kawasan sekitar kebun singkong dan tebu dekat Sungai Rolak, di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Kesadisan pembunuhan itu terlihat dalam reka ulang atas tewasnya Zainudin, Selasa (5/9/2017).

Polisi melakukan rela ulang atas peristiwa itu di lokasi penemuan mayat Zainudin di samping Sungai Rolak itu. Di lokasi itu pula, Zainudin dibantai oleh enam orang tersangka.

Terdapat 27 adegan dalam rela ulang yang diikuti oleh enam orang tersangka, M Mas'ud, Yeni Dedy Saputra alias Fani, Taufik, V, S, dan RD. Tiga inisial terakhir adalah pelaku yang usianya masih 17 tahun dan 16 tahun (anak-anak). Satu di antara pelaku adalah perempuan, RD.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help