SuryaMalang/

Malang Raya

Peringatan untuk Juru Parkir Nakal di Kota Malang, Ini yang Dilakukan Dinas Perhubungan

"Dilaksanakan operasi penertiban sekaligus penindakan serta pembinaan kepada jukir se Kota Malang," ujar Kepala Bidang Parkir Dishub

Peringatan untuk Juru Parkir Nakal di Kota Malang, Ini yang Dilakukan Dinas Perhubungan
IST
Petugas melakukan razia kepada jukir di kawasan Jl MT Haryono, Lowokwaru, Kota Malang, Rabu (15/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, selama dua minggu sejak Senin (06/11/2017), hingga Sabtu (19/11/2017), melaksanakan razia juru parkir (jukir).

Dalam razia itu, petugas Dishub Kota Malang menyisir seluruh jukir di Kota Malang. Petugas juga akan menindak sejumlah jukir yang terbukti melanggar di lokasi.

"Dilaksanakan operasi penertiban sekaligus penindakan serta pembinaan kepada jukir se Kota Malang," ujar Kepala Bidang Parkir Dishub Kota Malang M Samsul Arifin, Rabu (15/11/2017)

Samsul menambahkan, hingga hari kesembilan, Rabu (15/11/2017), jukir yang berhasil ditertibkan oleh petugas Dishub Kota Malang lebih dari 50 orang.

Sebagian besar dari mereka ditindak dengan pengambilan tindakan pidana ringan (tipiring). Dishub Kota Malang juga memberikan pembinaan lebih dari 40 orang jukir lainnya.

"Penindakan dilakukan karena jukir tidak memberikan karcis, kartu tanda anggotanya mati dan tidak diperpanjang," sambung Samsul.

Samsul juga mengimbau agar para jukir tidak melakukan kecurangan. Pasalnya, ia kerap menemukan jukir yang menempatkan lahan parkir melebihi batas.

"Alhasil menimbulkan kemacetan di jalan," paparnya

Pelaksanaan operasi penertiban ini, lanjut Samsul, selain giat rutinitas, juga menindaklanjuti laporan masyarakat, atas kegiatan parkir di Kota Malang.

Ada beberapa oknum jukir yang nakal tidak melaksanakan aturan. Selain dilakukan penertiban, Samsul juga mengajak kepada masyakarat untuk mengontrol manakala ada jukir yang tidak memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur. Salah satu contohnya adalah dengan tidak memberikan karcis parkir.

"Untuk kerjasamanya membantu memberikan kontrol dan pengawasan, manakala ada jukir nakal atau merugikan masyarakat, segera dilaporkan lewat telepon petugas yang sudah tertera di karcis retribusi, biar kami bisa menindaklanjutinya," pungkas Samsul.

Hingga Rabu siang, operasi jukir masih berlanjut di Jl MT Haryono. Petugas sebelumnya telah melakukan razia di Jl Soekarno-Hatta. Jukir yang melanggar langsung mendapat tipiring di tempat.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help