SuryaMalang/

Kesehatan

VIDEO : Hai Ladies, Ingin Punya Paha dan Bokong Indah? Yuk Ikuti Gerakan Ini . . .

Bisa saja dialami orang yang sehat, terutama selama atau setelah melakukan olahraga keras atau aktivitas yang membutuhkan pergerakan otot

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Bergabung dalam sebuah klub kebugaran, setiap orang pasti memiliki tujuan masing masing. Sebagian dari mereka menginginkan kesehatan yang prima dan bentuk tubuh yang aduhai.

Salah satu latihan yang banyak diminati adalah latihan pembentukan tubuh bagian atas dan bagian bawah. Tubuh bagian atas meliputi lengan, bahu dan dada, sedang tubuh bagian bawah meliputi kaki, paha, perut dan pantat atau bokong.

Trisu Hendra , instructor dan personal trainer Atlas Sports Club Surabaya menjelaskan, selain memperkuat dan mengencangkan otot bagian bawah, latihan rutin gerakan ini bisa juga mengantisipasi dari kram kaki yang kerap membuat sakit bagian kaki.

“Bisa saja dialami orang yang sehat, terutama selama atau setelah melakukan olahraga keras atau aktivitas yang membutuhkan pergerakan otot-otot,” ujarnya.

Menurutnya, aktivitas yang padat membuat seseorang kadang terasa lelah terutama di bagian kaki. Apalagi bagi para wanita yang setiap hari mengenakan sepatu hak tinggi. Selain capek mereka juga rentan terkena kram otot terutama di bagian kaki, paha dan sekitar pantat.

Kram otot bisa juga dialami orangtua setengah baya setelah olahraga ringan atau bahkan saat istirahat. Tak jarang sebagian orang mengalami kram di kaki selama tidur. Kram yang menyakitkan ini biasanya terjadi di otot betis dan kaki sehingga kaki dan jari kaki menekuk ke dalam.

Banyak cara untuk mencegah kram kaki misalnya saja secara umum karena kurangnya pemanasan saat hendak berolahraga.

“Lebih baiknya memang harus melakukan pemanasan sebelum olahraga atau hendak beraktivitas,” jelas Hendra.

Beberapa gerakan untuk melatih otot kaki, paha dan area pantat serta mengantisipasi kram kaki diperagakan model Edelyn Elpetina bersama instructor dan personal trainer Atlas Sports Club Trisu Hendra.

1. Squat

Halaman
12
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help