Malang Raya

Rekrut Polisi Cerdas, Polres Malang Kerjasama dengan Pemkab Malang

Hal itu sebagai langkah Polres Malang untuk mempersiapkan para calon pendaftar anggota Kepolisian sejak dini di tingkat SMA/SMK

Rekrut Polisi Cerdas, Polres Malang Kerjasama dengan Pemkab Malang
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menandatangani nota kerjasama rekrutmen Polisi Cerdas dengan Pamkab Malang, disaksikan Bupati Rendra Kresna, Selasa (21/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Polres Malang jalin kerjasama dengan Pemkab Malang dalam pelaksanaan rekrutmen Polisi Cerdas. Hal itu sebagai langkah Polres Malang untuk mempersiapkan para calon pendaftar anggota Kepolisian sejak dini di tingkat SMA/SMK di Kabupaten Malang.

Kapolres Malang, AKBP H Yade Setiawan Ujung menjelaskan, Kepolisian RI sekarang ini menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan rekrutmen anggota Kepolisian. Dengan demikian, sejumlah langkah telah dilakukan Kepolisian dalam rekrutmen anggota. Di antaranya dengan program rekrutmen Polisi cerdas Polres Malang.

"Itu semua dilakukan untuk menciptakan anggota kepolisian yang lebih cerdas dalam tugas dan profesional," kata Yade Setiawan Ujung usai penanda-tanganan kerjasama dengan Pemkab Malang, Selasa (21/11/2017).

Dijelaskan Yade Setiawan Ujung, dalam pelaksanaan rekrutmen Polisi Cerdas akan dilakukan pemantauan siswa tingkat SMA/SMK sejak kelas 1 hingga kelas 3. Melalui tenaga didik di sekolah, sejumlah informasi tentang tahapan dan serangkaian ujian untuk menjadi anggota kepolisian akan diberikan kepada para siswa.

Terutama untuk siswa yang memiliki prestasi bidang akademik, prestasi olah raga, dan prestasi lainya akan ditawari mendaftar sebagai anggota Kepolisian RI.

Di samping itu, menurut Yade Setiawan Ujung, melalui sekolah nantinya para siswa juga bisa mulai mendapatkan pengetahuan dan pembinaan tentang materi ujian rekrutmen anggota kepolisian apa saja. Terutama untuk rekrutmen Akpol yang memang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Jadi istilahnya dalam rekrutmen Polisi cerdas ini kami proaktif turun ke lapangan. Bahkan, melalui program itu juga bisa memberi kesempatan bagi semua siswa Sekolah di Kabupaten Malang ikut mendaftar menjadi anggota Kepolisian," ucap Yade Setiawan Ujung.

Memang, diakui Yade Setiawan Ujung, dalam proses rekrutmen anggota kepolisian tidak ada prioritas. Semua pendaftar memiliki kesempatan dan serangkaian ujian sama sesuai prosedur dan aturan yang ditetapkan.

Akan tetapi, bila para calon pendaftar sudah mendapatkan pengetahuan dan pembinaan terkait rekrutmen anggota kepolisian maka akan semakin mudah bagi mereka untuk mengikutinya.

"Jadi itulah tujuan kami menerapkan rekrutmen polisi cerdas," tandas Yade Setiawan Ujung.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko menilai positif program rekrutmen polisi cerdas Polres Malang. Hal itu menjadi kesempatan semua lapisan masyarakat di Kabupaten Malang menjadi anggota kepolisian.

"Kami optimis, masyarakat akan menyambut baik program itu dan berminat mendaftar sebagai Polisi. Apalagi proses rekrutmennya sudah transparan dan akuntabel," tutur Hari Sasongko.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help