Pilgub Jatim

Siasat Demokrat Pilih Emil Dardak Dampingi Khofifah untuk Pilgub Jatim 2018

ALASAN SOEKARWO SOAL DEMOKRAT PILIH EMIL DARDAK. Soekarwo dua kali mengalahkan Khofifah namun kini berbalik arah mendukungnya.

Siasat Demokrat Pilih Emil Dardak Dampingi Khofifah untuk Pilgub Jatim 2018
Surya.co.id
Arumi Bachsin di sela pelantikan suami Emil Elestianto Dardak, sebagai Bupati Trenggalek di Gedung Negara Grahadi, Rabu (17/2/2016). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menyebut sejumlah pertimbangan pihaknya yang pada akhirnya memilih Emil Elestianto Dardak sebagai pendamping Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Soekarwo, hal ini didasari oleh pertimbangan dari Khofifah dan Tim 9, tim yang menyeleksi bacawagub Khofifah.

"DPP Demokrat akhirnya menyetujui usulan pasangan dari Ibu Khofiah dan Tim 9 yang memilih Mas Emil, Bupati Trenggalek sebagai wakil gubernur," ujar Soekarwo.

Menurut pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim ini, Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, tak memerlukan waktu lama untuk menyetujui hal ini.

"Sebab, rekomendasi ini merupakan usulan langsung dari Tim 9 dan Ibu Khofifah," kata pria yang juga menjabat Gubernur Jatim ini.

"Jadi, putusannya ada di Tim 9 itu," Pakde mengulangi pernyataan sebelumnya.

Selanjutnya, untuk langkah konsolidasi antar partai, Demokrat akan menunggu hasil komunikasi Khofifah dengan masing-masing partai lainnya.

"Itu akan menjadi tanggung jawab Ibu Khofifah bersama Tim 9. Kebetulan, Demokrat menjadi yang pertama. Berikutnya, giliran partai lain yang akan dikunjungi," jelas Pakde.

Sembari menunggu konsolidasi tersebut, Demokrat menurut Pakde belum akan menentukan langkah pemenangan.

"Belum ada (rencana). Kami akan selesaikan tahapannya, satu persatu," katanya. 

Lazim diketahui, Soekarwo bersama wakilnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) , sudah dua kali mengalahkan Khofifah dalam Pilgub Jatim.

Namun kini, Soekarwo berbalik arah mendukung Khofifah yang berarti juga melawan Gus Ipul yang didukung dua partai besar di Jatim: Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan. 

Adapun Emil Dardak menjabat Bupati Trenggalek berkat dukungan PDI Perjuangan bersama enam partai lain namun kini Emil menyeberang ke Demokrat guna menghadapi jago PDIP: Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help