Surabaya

Jaksa Sebut Dokter Bagus Bekerja di Malaysia selama 7 Tahun jadi Buron

DOKTER BAGUS. Ia hanya salah satu penggarong dana hibah Pemprov Jatim Rp 277 miliar. Masih banyak pejabat dan penikmat yang berkeliaran.

Jaksa Sebut Dokter Bagus Bekerja di Malaysia selama 7 Tahun jadi Buron
tribun batam
Bagoes Soetjipto, buron terpidana utama kasus korupsi dana P2SEM 2008 Jawa Timur saat digiring keluar dari Pelabuhan International Batam Centre, Selasa (28/11/207) sore. 

SURYAMALANG.COM, BATAM - Selama tujuh tahun menjadi buron kejaksaan, dr Bagoes Soetjipto Soelyoadikoesoemo, disebutkan bekerja di Johor Bahru, Malaysia. 

Salah satu penggarong dana hibah Rp 277 miliar itu, dulu menjabat kepala Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) dari Pemprov Jatim 2008.

"Infromasinya dia bekerja di Johor Malaysia. Tapi saya tidak tahu pasti pekerjaannya apa. Yang jelas kita dari Kejari Batam hanya menfasilitasi saja kedatangan tim Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap pelaku," kata Rochadi Wibowo, Kepala Kejari Batam di sela-sela mengantar pelaku ke Bandara Hang Nadim, Selasa (29/11/2017) malam. 

Dia mengaku kalau tidak mengetahui pasti perlarian Bagoes Soetjipto di Malaysia. 

"Tanya langsung ke Kejagung. Saya tidak bisa memberikan komentar apapun terkait penangkapan pelaku," katanya.

Bagoes Soetjipto sampai di Batam sekitar pukul 17.00 WIB menggunakan MV Ceria Indomas dan kemudian langsung dibawa ke kantor Kejari Batam di Batam Center. 

Setelah istirahat sebentar dan melengkapi administrasi, Bagoes dan rombongan intel Kejaksaan Agung diantar oleh tim Kejari Batam menuju Bandara Hang Nadim dengan menggunakan empat unit mobil. 

Bagoes Soetjipto merupakan terpidana utama kasus korupsi dana P2SEM 2008 dan menjadi buron sejak 30 Juni 2010.

Enam bulan setelah pengajuan cekal, buronan masih belum tertangkap. Kejati pun mengajukan cekal kedua kalinya. 

Kendala utama penangkapan buronan itu adalah sulitnya mengindentifikasi keberadaan terpidana.

Terpidana langsung pindah dari rumah sesuai alamat di KTP. Selain itu, buronan juga sering mengganti nomor ponsel sehingga petugas sulit melacak keberadaannya. Tribun Batam/Zabur Anjasfianto

BERITA TERKAIT:

Buron Korupsi Rp 277 Miliar Terciduk, Khawatirkah Gubernur Soekarwo?

Dokter Bagoes, Buron Besar dari Jatim Akhirnya Tertangkap di Malaysia

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Inzet: dr Bagoes Soetjipto Soelyoadikoesoemo, buron skandal korupsi di Jatim sejak 2010 yang terciduk di Malaysia.
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Inzet: dr Bagoes Soetjipto Soelyoadikoesoemo, buron skandal korupsi di Jatim sejak 2010 yang terciduk di Malaysia. (SURYAMALANG.COM)
Editor: yuli
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help