Surabaya

Surabaya Siapkan Lahan 10 Ha untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya

#RISMA - Proyek ini akan menjadi percobaan untuk memanfaatkan potensi panas matahari yang banyak diterima #Surabaya di kawasan Barat.

Surabaya Siapkan Lahan 10 Ha untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya
SURYAMALANG.COM
ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya tak berhenti dalam mengambangkan inovasi teknologi dengan mengedepankan masalah lingkungan.

Kini, melalui pengembangan kerja sama dengan PT Sumber Organik, Pemkot Surabaya memproduksi listrik tenaga sampah di TPA Benowo.

Tak puas sampai di sana, Pemkot Surabaya dalam waktu dekat juga akan mengembangkan listrik dengan tenaga matahari dengan membuat prower plan di Surabaya Barat.

Sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di kawasan Kecamatan Pakal Pemkot sekarang sudah menyiapkan lahan.

"Kita punya lahan seluas 159 hektar di Sumberejo pakal. Di antaranya 10 hektar akan kita pakai untuk pengembagan teknologi pembangkit listrik tenaga matahari atau solar cell," kata Risma, Jumat (1/12/2017).

Nantinya, dalam realisasi progam pengembangan power plant ini, Pemkot Surabaya bekerja sama dengan PLN.

"Sudah kita siapkan. Nanti ada kerja sama dengan PLN," kata Risma.

Dikatakan Risma, proyek ini akan menjadi percobaan untuk memanfaatkan potensi panas matahari yang banyak diterima Surabaya di kawasan Surabaya Barat.

Dengan lahan luas yang mendukung, diharapkan nantinya prower plan ini juga bisa menjadi studi bagi anak-anak Surabaya.

"Lahannya kita siapkan, ada yang dari bakas tanah kas desa, ada pula yang dari ruislag, tukar guling dengan lahan di daerah lain, yang jelas tanah itu yang kita manfaatkan," kata Risma.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help