SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Pembangunan Pasar Batu dan Kereta Gantung Jadi Prioritas Pemkot Batu, Harus Rampung Dalam 5 Tahun

Punjul mengatakan, masih belum tahu bagaimana konsepnya pembangunan pasar sayur tahap dua nanti.

Pembangunan Pasar Batu dan Kereta Gantung Jadi Prioritas Pemkot Batu, Harus Rampung Dalam 5 Tahun
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Bagian tengah pasar Batu yang nantinya akan dilanjut tahap kedua. Tahap pertama masih akan dibenahi bagian pinggir pasar batu unit sayur sebanyak 100 bedak lebih. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu memprioritaskan beberapa pembangunan dan program dalam R-APBD 2018 yang saat ini sudah diserahkan ke Provinsi Jatim.

Program prioritas itu di antaranya adalah pembangunan tahap dua Pasar Batu unit Sayur dan Kereta Gantung.

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan yang menjadi prioritas itu ialah pembangunan Pasar Batu unit Sayur.

Dikatakannya, pembangunan pasar tersebut yang akan selesai pada pertengahan Desember ini akan dilanjut pada tahap dua di 2018.

"Itu masih tahap pertama, karena anggarannya tidak cukup saat itu, maka didahulukan tahap pertama. Memang ini yang diutamakan, karena sesuai keinginan pak Wali Kota, Pasar Unit Sayur ini harus selesai akhir tahun ini," kata Punjul, Minggu (3/12/2017).

Memang bagian dalam di tengah pasar sayur ini masih bolong dan masih belum ada bangunan apapun. Hanya dibagian pinggir saja sudah ada bedak yang nantinya akan ditempati oleh pedagang.

Punjul mengatakan, masih belum tahu bagaimana konsepnya pembangunan pasar sayur tahap dua nanti.

Apakah akan diberi hanggar di bagian tengah dalam dengan konsep terbuka, ataukah akan dibangun bedak-bedak juga, masih belum tahu.

"Konsepnya nanti di dinas yang terkait yang tahu. Yang penting, tahun ini selesai, pedagang bisa berjualan normal. Karena ini akan jadi roda perekonomian terbesar di Kota Batu. Banyak pedagang juga yang menantikan perubahan pasar ini," imbuhnya.

Tak hanya itu, program pembangunan Kereta Gantung juga harus bisa selesai saat dalam kepemimpinannya bersama Wali Kota Batu terpilih, Dewanti Rumpoko.

Punjul mengatakan, Kereta Gantung ini nanti yang akan mendorong lokasi wisata di Kota Batu. Karena konsepnya akan melewati beberapa lokasi wisata, tak terkecuali Pasar Batu.

"Masih dalam pembahasan di titik mana. Kalau semisal di titik A, seperti apa. Lalu jika nanti di titik B, apakah akan melewati rumah warga atau tidak. Bahayanya seperti apa. Tapi optimis segera selesai dan bisa dinikmati sama wisatawan, apalagi ada lokasi wisata baru, Jatim Park 3," ungkap Punjul.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help