SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

PKL Mencoreng Keindahan Alun-Alun Kota Batu, Bagaimana Langkah Pemkot Mengatasinya?

kalau bisa Pemkot Batu tegas terhadap PKL dan beberapa fasilitas yang seharusnya dibenahi di sana. Karena kan sebagai ikon Kota Batu

PKL Mencoreng Keindahan Alun-Alun Kota Batu, Bagaimana Langkah Pemkot Mengatasinya?
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
PKL di Alun-Alun Kota Batu yang merusak pemandangan, Selasa (5/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Alun-Alun Kota Batu kini dirasa sudah tidak secantik dahulu. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya Pedagang Kaki Lima (PKL) di sana. 

Beberapa warga pun mengeluhkan alun-alun yang seharusnya menjadi lokasi hiburan gratis untuk warga, tetapi kini malah menjadi lokasi yang kumuh karena dipenuhi PKL. Dampaknya menjadi kotor karena dipenuhi sampah.

Seperti yang diungkapkan oleh warga asal Sisir, Ayi Rauvalda (20). Ia sangat risih melihat keadaan Alun-Alun Batu yang kotor dan tidak terawat.

"Waktu kecil alun-alun ini bersih. Masih belum banyak PKL. Sayang saja kalau jadi tercemar dan kotor seperti ini padahal dulu kalau sehabis pulang sekolah, mesti mainnya ke alun-alun," kata Ayi, Selasa (5/12/2017).

Di alun-alun ini, juga sudah sering kali diadakan razia, namun para PKL tak pernah jera untuk selalu berjualan di situ. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ahmad Reno.

Ia mengatakan, banyak fasilitas di alun-alun yang tidak berfungsi lagi. Seperti panggung hiburan yang ada di sisi selatan alun-alun.

Panggung hiburan itu, dikatakannya dulu sering digunakan untuk menampilkan kreativitas anak muda. Seperti bermain musik, band. Namun sayangnya sudah tidak berfungsi lagi dan menganggur.

"Tujuannya dibuatkan panggung itu kan untuk menyalurkan hobi pemuda di Kota Batu. Kalau sekarang tidak difungsikan, terus untuk apa masih ada di situ. Justru malah memperjelek penampilan alun-alun," kata dia.

Tak hanya itu, saat hendak memanfaatkan panggung itu bersama grup band-nya, justru mereka dipersulit dari segi izin. Panggung itu dibuat saat renovasi alun-alun tahun 2016.

"Ya kalau bisa Pemkot Batu tegas terhadap PKL dan beberapa fasilitas yang seharusnya dibenahi di sana. Karena kan sebagai ikon Kota Batu," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help