SuryaMalang/

Travelling

Pohon Jeruk Lemon di Kota Batu Banyak Diburu Pembeli dari Luar Daerah

pembeli yang membeli pohon jeruk lemon ini karena mereka sudah tahu bahwa jeruk lemon ini memiliki banyak manfaat.

Pohon Jeruk Lemon di Kota Batu Banyak Diburu Pembeli dari Luar Daerah
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Petani jeruk lemon di Sentra Tanaman Hias Sidomulyo Kota Batu sedang mengemas pohon jeruk lemon yang akan dikirim ke berbagai daerah, Selasa (5/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Belakangan ini, pohon jeruk lemon banyak diburu oleh pembeli dari luar daerah. Seperti yang terlihat di sentra tanaman hias di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Selasa (5/12/2017).

Beberapa petani di sana mengemas pohon jeruk lemon untuk dikirim ke beberapa daerah. Seperti ke Jawa Tengah, Krian, bahkan ke luar pulau; Manado hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Satu di antara petani jeruk, Ahmad Suhadak mengatakan banyaknya permintaan petani jeruk ini sudah dirasakan dua tahun terakhir.

"Yang beli banyak. Bisa sampai 100 pohon perorang. Dari Jawa Tengah banyak, Krian. Rata-rata mereka membeli banyak untuk dijual lagi," kata dia.

Dikatakannya, pembeli yang membeli pohon jeruk lemon ini karena mereka sudah tahu bahwa jeruk lemon ini memiliki banyak manfaat.

Salah satunya dicari untuk menurunkan berat badan, obat batuk dan masih banyak lagi. Ia mengungkapkan, pohon ini punya dua ukuran, kecil dan besar. Kebanyakan yang dibeli ialah ukuran kecil dan dalam jumlah banyak.

Ia pun pernah merasakan kuwalahan saat melayani pembeli karena permintaan pembeli dalam jumlah yang banyak.

"Makanya kami juga disuplay pohon jeruk lemon ini dari luar daerah. Dari Tulungagung. Lalu di sini kami kembangkan," imbuh dia.

Petani jeruk lemon lainnya, Zaenal mengungkapkan hal yang sama. Meskipun juga disuplay dari daerah lain, saat di bawa ke Batu pohonnya lebih fresh. Karena melalui tahap proses penggemukan dan pemupukan setiap bulannya.

"Di sini setiap bulan kami berikan pupuk secara rutin, dan cepat berkembang. Di Batu ini kadar kelembaban tanahnya sangat tinggi, sehingga butuh waktu yang lama saat menanam pohon jeruk mulai pembibitan," kata dia.

Oleh karena itu, mereka juga mendapatkan suplay pohon jeruk dari daerah lain. Tak hanya itu, pembeli juga bisa mendapatkan banyak pilihan saat membeli pohon jeruk di sentra bunga hias ini.

Harga satu pohon jeruk ini untuk polibag kecil antara Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, sedangkan polibag besar kisaran Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

Satu pembeli asal Surabaya mengatakan dirinya membeli pohon jeruk lemon ini untuk dijadikan tanaman obat keluarga. Ia sudah kesekian kalinya membeli pohon ini.

"Ini tadi beli lima pohon. Untuk konsumsi pengobatan di rumah, karena banyak manfaatnya," kata dia.

Ia memilih membeli di Kota Batu karena dari segi harga lebih murah, selain itu di Batu juga merupakan sentra tanaman hias. Selain untuk tanaman obat, tanaman jeruk ini juga digunakan sebagai tanaman hias.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help