SuryaMalang/

Malang Raya

Target Luasan Lahan Pertanian Meleset, Produksi Padi Meningkat, Seperti Ini Penjelasan Bupati Malang

Pada tahun 2018 mendatang harus ada upaya perbaikan lagi dalam pencapaian target di bidang pertanian.

Target Luasan Lahan Pertanian Meleset, Produksi Padi Meningkat, Seperti Ini Penjelasan Bupati Malang
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Bupati Malang, H Rendra Kresna menyerahkan piagam penghargaan kepada para petani yang sukses dengan hasil tanaman pertanianya, Kamis (7/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Meski target peningkatan luas lahan tanaman pangan meleset, Bupati Malang, Rendra Kresna tetap merasa bangga.

Pasalnya, kegagalan pencapaian target pertambahan luasan tanaman pangan tahun 2017 sebesar 90 ribu hektar namun hanya tercapai sekitar 71 ribu hektar di Kabupaten Malang tidak diikuti penurunan produksi hasil pertanian.

"Kami memahami dan memaklumi tidak tercapainya target itu disebabkan persoalan teknis, dan tahun depan diharap target bisa tercapai," kata H Rendra Kresna, Bupati Malang, Kamis (7/12/2017).

Dijelaskan Rendra, pihaknya tetap bangga dengan tidak tercapainya target tambahan luasan tanaman pertanian khususnya komoditi padi.

Ini dikarenakan kegagalan tersebut bisa tertutupi oleh hasil produksi padi di Kabupaten Malang yang justru mengalami peningkatan.

Dari sebelumnya untuk luasan satu hektar tanaman padi bisa menghasilkan 7 ton gabah kering giling, saat ini naik menjadi 10 ton babah kering giling.

Artinya, meski target perluasan tidak tercapai tetapi hasil produksi meningkat tajam.

"Jadi bagi kami ini justru suatu keberhasilan karena produksi padi kabupaten Malang mengalami surplus tahun ini. Yakni bertambah sekitar 85 ribu ton atau produksi padi mencapai 500.138 ton," ucap Rendra Kresna.

Oleh karena itu, dikatakan Rendra, pada tahun 2018 mendatang harus ada upaya perbaikan lagi dalam pencapaian target di bidang pertanian.

Ini dikarenakan Kabupaten Malang menjadi salah satu wilayah tumpuan penghasil pangan tingkat Provinisi Jawa Timur hingga tingkat Nasional.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help