Mau Menstruasi Cewek kok Jadi Banyak Makan ya? Kenapa?

Para dokter dan spesialis hormon mengatakan, menuruti nafsu makan saat siklus kewanitaan ini datang bukanlah masalah besar

Mau Menstruasi Cewek kok Jadi Banyak Makan ya? Kenapa?
shutterstock
Ilustrasi makan pisang 

SURYAMALANG.COM - Nafsu makanmu meningkat di hari-hari menjelang menstruasi? Tenang, kamu tidak sendiri. Ribuan Wanita di luar sana juga mengalami hal serupa.

Perubahan nafsu makan pada hari-hari menjelang menstruasi adalah keadaan yang normal, meski ternyata agak mengganggu.

Sementara, mengabaikan nafsu makan ini, tidak semudah meredakan gejala PMS lainnya.

"Mengidam makanan sering terjadi pada wanita yang mengalami PMS dan kehamilan, karena perubahan hormon," ujar Carolyn Dean, seorang pakar kesehatan wanita.

Carolyn Dean mengatakan, PMS menyebabkan hormon stres kortisol melonjak dan hormon serotonin (hormon yang memicu perasaan bahagia) turun.

"Perubahan ini membuat tubuhmu menginginkan makanan manis dan berlemak."

"Hal ini karena makanan tersebut membantu meningkatkan kadar serotonin dan melawan produksi kortisol yang membuatmu merasa lebih baik dan lebih bahagia," kata dia.

Intinya, nafsu makan yang meningkat ini, menurut Carolyn Dean, dikaitkan dengan perubahan hormon yang mempengaruhi mood wanita.

Meskipun keinginan ini sulit diprediksi, menurut para ahli ilmiah di Clue- aplikasi yang membantu para wanita untuk berkonsultasi soal kesehatan wanita- memeriksa nafsu makan sepanjang siklus menstruasi dapat membantumu mengidentifikasi pola "ngidam" tertentu.

Saat kamu memasuki fase kedua dari siklusmu, mungkin kamu mulai mengiginkan makanan manis.

Halaman
123
Editor: Insani Ursha Jannati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help