Malang Raya

Sidang Kasus Penyerobotan Tanah Kades Tegalrejo Vs PTPN XII Ditunda Tahun Depan, Ini Penyebabnya

"Kami terima kasih pada Majelis Hakim karena sidang ditunda hingga tahun depan tadi," tandas Agus.

Sidang Kasus Penyerobotan Tanah Kades Tegalrejo Vs PTPN XII Ditunda Tahun Depan, Ini Penyebabnya
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
FOTO DOK. Persidangan di PN Kepanjen kasus penyerobotan lahan perkebunan Pancursari milik PTPN XII dengan terdakwa Kades Tegalrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, Rabu (13/12/2017). 

SURYAMALANG.COM - Gara-gara esepsi dakwaan belum siap, sidang lanjutan dugaan penyerobotan lahan perkebunan Pancursari milik PTPN XII di kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang ditunda hingga tahun depan.

Putusan penundaan sidang setelah Ketua Majelis Hakim PN Kepanjen Malang, Saut Maruli Tua Pasaribu SH MH meminta Penasehat Hukum terdakwa membacakan esepsi dakwaan tapi tidak bisa dilaksanakan dalam persidangan, Senin (18/12/2017).

"Kalaupun untuk sidang besok (Selasa, 19/12) esepsi juga belum bisa dibacakan, maka sidang ditunda tanggal 15 Januari 2018 atau tahun depan ya. Dengan agenda pembacaan esepsi dakwaan," kata Saut Maruli Tua Pasaribu.

Ia langsung mengetuk palu penundaan sidang dengan terdakwa Kades Tegalrejo Kecamatan Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang, Ari Ismanto.

Penasehat Hukum terdakwa, Agus Syafi'i SH menjelaskan, esepsi dakwaan belum siap karena banyak fakta di lapangan terkait dakwaan JPU.

Masalahnya, adanya bukti dokumen perjanjian sewa lahan perkebunan Pancursari yang telah dibayar lunas oleh pihak Desa kepada pengelola Perkebunan.

Di samping itu, pihak Perkebunan juga tidak mengetahui secara jelas batasan lahan yang didakwakan telah diserobot terdakwa Kades Tegalrejo.

Kwitansi pembayaran sewa lahan perkebunan dari Desa Tegalrejo kepada pengelola perkebunan juga berbeda-beda dan jumlahnya banyak.

"Semua bukti itu yang terus kami dalami dan pelajari sebagai bahan menyusun esepsi dakwaan JPU," kata Agus.

Untuk itu, pihak penasihat hukum belum bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan Majelis Hakim dalam persidangan dengan agenda pembacaan esepsi dakwaan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help