Surabaya

VIDEO - Jalan Tol Seluruh Jawa Harus Beres, Jokowi Tak Mau Alasan Apapun

#JOKOWI - Saya kejar terus agar pada akhir 2019 tanpa alasan apapun tol harus selesai. Saya tidak mau ada alasan pembebasan lahan atau apapun.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Jasa Marga dan semua yang terlibat dalam proyek tol seluruh Indoenesia agar menuntaskan pekerjaannya hingga 2019.

Di hadapan sejumlah menteri, kepala daerah, pejabat PT Jasa Marga, PT Waskita, dan pelaku tol lain, Jokowi menekankan bahwa dirinya akan terus mengejar penuntasan jalan tol hingga 2019.

"Saya kejar terus agar pada akhir 2019 tanpa alasan apa pun tol harus selesai. Saya tidak mau ada alasan pembebasan lahan atau apa pun," tegas Jokowi saat peresmian Tol Surabaya - Mojokerto, Selasa (19/12/2017).

Saat ini ada ruas Tol Merak-Banyuwangi yang terus dikebut. Tol sepanjang 1.970 KM itu juga harus dituntaskan pada tahun yang sama.  Saat sudah separo beroperasi. 

Mengutip keterangan Jokowi, di Jatim saja ada ruas tol sepanjang 268 KM. 

Setelah Jawa rampung, lanjutnya, harus disusul penyelesaian yang di luar Jawa. Dimulai tol Sumatera, Lampung, dan terus bergerak hingga Palembang. Begitu juga Aceh sudah gerak.

"Kita memang terus dikejar waktu. Infrastrukur yang maju menjadikan persaingan negara semakin maju. Jika ingin memiliki daya saing tinggi dan efisien maka infrastrukur ditingkatkan," tandas Jokowi.

Jokowi mengingatkan saat 1977 Indonesia lebih dulu membangun jalan Tol Jagorawi. Semua negara lain menengok ke Indonesia. Bahkan China juga sama. Tapi China sekarang memiliki jalan tol 290.000 KM.

Jokowi juga menekankan agar pendanaan pengerjaan konstruksi dan penuntasan tol tidak bergantung pada APBN.

"BUMN harus mencari cara baru pendanaan. Kalau ini dilakukan, daya saing akan luar biasa," kata Jokowi. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help