SuryaMalang/

Travelling

Mouza Zee, Cewek Penjelajah Indonesia Ini Mengidolakan Menteri Susi Pudjiastuti

Hal itu juga dilakukan oleh lady bikers, Mouza Zee. Namun, ternyata ia juga memiliki wanita tangguh lain yang ia idolakan

Mouza Zee, Cewek Penjelajah Indonesia Ini Mengidolakan Menteri Susi Pudjiastuti
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Mouza Zee 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pada momen Hari Ibu, banyak orang memposting kekagumannya pada wanita yang mereka idolakan. Kebanyakan dari mereka memposting tentang ibu kandung mereka.

Hal itu juga dilakukan oleh lady bikers, Mouza Zee. Namun, ternyata ia juga memiliki wanita tangguh lain yang ia idolakan dan menjadi inspirasinya.

“Saya sangat mengidolakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Beliau sangat tangguh dan kinerjanya tidak bisa diragukan lagi,” kata lulusan Universitas Islam Malang (Unisma) itu pada SURYAMALANG.COM pada talkshow Wanita Tangguh, Jumat (22/12/2017).

Wanita pencetus ekspedisi Kartini itu juga mengidolakan Menteri Susi karena mendobrak stereotipe wanita berjabatan tinggi dan berpengaruh.

“Meski beliau berpendidikan minim dan merokok, tapi kinerja beliau sangat baik dan itu mendobrak stereotipe wanita. Beliau juga tidak takut apapun. Rasanya seru jika mengenal beliau,” ujar Mouza.

Wanita yang telah melakukan touring solo keliling Indonesia sejak 2014 ini juga dalam proses untuk memutus mindset bahwa wanita hanya wajib “masak, macak, manak” (masak, berdandan, san melahirkan anak).

“Saya tidak ingin menjadi korban pernikahan dini dengan perjodohan seperti yang dialami ibu saya. Beliau sendiri merasa menyesal kalau saja beliau memiliki kesempatan untuk sekolah, tentu beliau bisa lebih sukses,” ungkapnya.

Meski tidak menghasilkan yang dari ekspedisi yang ia lakukan, namun ia mendapat kesempatan untuk melihat Indonesia dan bertemu dengan wanita inspiratif di setiap daerah.

“Touring ini saya lakukan dengan misi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, dan wanita. Pendidikan dengan mengajarkan anak-anak pedalaman, kami juga saling bertukar budaya, memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata ke orang yang saya temui, serta menunjukkan bahwa wanita bisa melakukan apa saja seperti saya,” tuturnya.

Mouza akan melanjutkan ekspedisi pada Februari 2018 ke Merauke dengan membawa misi yang sama.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help