Sidoarjo

VIDEO - Lihat Reaksi Personel Slank saat Disuruh Pegang Belatung di Sidoarho

BELATUNG DARI LALAT. Apa jadinya ketika superstar macam Bimbim, Kaka, Ivan dan Ridho #Slank disuruh pegang? Lihat videonya-->>

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Sampah menjadi problematik pelik di Indonesia. Namun, para pramuka di Jatim mungkin memiliki solusi untuk penanganan sampah di Indonesia. Bahkan, upaya penanganan sampah ini diacungi jempol oleh band musik Slank.

Punggawa band legendaris Indonesia, Kaka, Bimbim, Ridho, dan Ivan, heran dengan bau busuk menyengat ketika mengunjungi acara Gerakan 1 Juta Biopori Pramuka Kwartir Jatim di Puspa Agro, Desa Jemundo, Taman, Sabtu (23/12/2017). Bau busuk itu berasal dari peternakan belatung yang diolah untuk pakan ternak.

"Ternyata ini sumber baunya. Ini diapain nih nanti," tanya Bimbim kepada panitia.

Dijelaskan, peternakan belatung ini merupakan cara pengolahan sampah dengan metode Black Soldier Fly (BSF). Sampah organik dari pasar-pasar tradisional dikumpulkan dalam banyak wadah dan dibiarkan untuk dimakan oleh lalat hitam.

Setelah sampah habis dimakan, lalat tersebut kemudian bertelur dan menghasilkan larva. Larva itu kemudian jadi belatung, siap dipanen dan diolah menjadi pakan ternak yang ekonomis.

Bimbim mengaku terkejut bahwa anak-anak pramuka Jatim mampu berpikir prograsif seperti itu.

"Wah, ini malah bisa jadi sumber ekonomi baru. Sampah, belatung, pakan ternak, ini cara yang kreatif," sambungnya.

Tak hanya itu, Kaka juga mengapresiasi para pramuka Jatim yang memiliki ide membuat ecobrick. Ecobrick ini merupakan olahan botol air mineral bekas yang diisi sampah-sampah plastik. Botol yang sudah diisi sampah plastik itu kemudian disusun membentuk formasi tertentu.

Botol yang diisi plastik dan disusun ini ternyata memiliki kekuatan setara dengan batu bata.

"Ini benar-benar solusi cerdas. Mungkin akan kami gunakan metode ini untuk jadi panggung drumnya Bimbim," tandas Kaka.

Grup band Slank juga ikut memberi semangat ketika Pramuka Jatim mendeklarasikan Gerakan 1 Juta Biopori dan pengolahan sampah.

Pembina Pramuka Jatim AR Pemadi, menyatakan tahun 2020 menjadi target para pramuka agar Jatim bebas sampah.

"Kehadiran Slank di deklarasi kami akan memberi semangat untuk menyukseskan gerakan ini," imbuh Permadi.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, sebagai Kakak Pembina Pramuka Sidoarjo menambahkan pihaknya mengapresiasi langkah yang dicanangkan Pramuka Jatim dan akan mengimplementasikannya di Kota Delta.

"Kami pun mengajak anak-anak muda melalui Komunitas Zero Waste untuk mengatasi masalah sampah. Ditambah dengan gerakan pramuka, akan semakin solid," tukas Nur Ahmad.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved