SuryaMalang/

Malang Raya

Penuhi Target, KPU Kabupaten Malang Lakukan Verifikasi Faktual Partai Politik

untuk mempermudah verifikasi dan efektivitas tim KPU juga melakukan verifikasi dengan cara pengumpulan anggota parpol pada satu titik lokasi

Penuhi Target, KPU Kabupaten Malang Lakukan Verifikasi Faktual Partai Politik
IST
Logo Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berupaya penuhi target waktu verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 15 Desember hingga 4 Januari 2018. Hal itu dilakukan dengan membentuk lima tim verifikasi faktual yang diterjunkan di 12 Kecamatan tempat keanggotaan Parpol berada.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, tim verifikasi faktual KPU dalam melaksanakan tugas dengan mendatangi satu per satu rumah anggota Parpol. Di samping itu, untuk mempermudah verifikasi dan efektivitas tim KPU juga melakukan verifikasi dengan cara pengumpulan anggota parpol pada satu titik lokasi.

"Kami optimis, dengan menggunakan metode verifikasi faktual datang langsung ke rumah atau mengumpulkan anggota Parpol maka target waktu verifikasi bisa dipenuhi," kata Santoko, Senin (25/12/2017).

Dijelaskan Santoko, verifikasi faktual domisili dan keanggotaan Parpol peserta Pemilu 2019 dilakukan KPU sesuai UU Pemilu. Di mana salah satu ketentuan untuk bisa lolos sebagai peserta Pemilu yakni keanggotaan Parpol juga harus memenuhi kuota 30 persen perempuan.

Untuk itu, dikatakan Santoko, KPU dalam melakukan verifikasi faktual KPU tidak akan berani berspekulasi soal data yang harus didapatkan. Dengan demikian, tim KPU yang melakukan verifikasi faktual akan mendatangi rumah anggota Parpol yang sebelumnya sedang tidak ada di rumah ketika didatangi tim KPU.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kebenaran data keanggotaan Parpol. Dan tim KPU tidak akan menolerir kesalahan yang terjadi dari data keanggotaan Parpol dari hasil verifikasi faktual.

"Untuk itu, sejak jauh hari sebelum pelaksanaan verifikasi faktual kami telah meminta Parpol menyiapkan semuanya agar bisa memenuhi syarat dan lolos sebagai peserta Pemilu di Kabupaten Malang," tutur Santoko.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help