Malang Raya

Dinas Perhubungan Kabupaten Malang Tidak Akan Bangun Terminal Baru

Dengan demikian Dishub Kabupaten Malang nyaris tidak dapat menarik retribusi angkutan penumpang di terminal yang dikelolanya.

Dinas Perhubungan Kabupaten Malang Tidak Akan Bangun Terminal Baru
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Terminal di Kabupaten Malang yang sepi aktivitas, Selasa (26/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Malang dipastikan tidak akan membangun terminal baru tahun depan. Pasalnya, keberadaan terminal tipe C yang dalam pengelolaan Dishub Kabupaten Malang tidak maksimal.

Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, sejak dua tahun belakangan ini kondisi terminal tipe C yang dikelola Dishub cukup sepi. Kalaupun ada angkutan kota yang masuk terminal tidak mencari penumpang melainkan istirahat atau lewat saja.

"Melihat kondisi tersebut tentunya cukup berat bila membangun terminal baru dalam upaya mendapatkan retribusi sebagai sumber PAD," kata Hafi Lutfi, Selasa (26/12/2017).

Dijelaskan Hafi Lutfi, semenjak adanya pengambil alihan terminal tipe A oleh Pemerintah Pusat dan tipe B oleh Pemprov Jatim dirasakan berdampak pada keberadaan terminal tipe C dibawah pengelolaan Dishub Kabupaten/Kota.

Ini dikarenakan angkutan yang masuk ke terminal tipe C tidak mau membayar retribusi terminal. Mereka menolak membayar retribusi selain kondisi penumpang di terminal sepi, juga membandingkan dengan terminal tipe A dan B yang hingga kini belum ditarik retribusi.

Dengan demikian Dishub Kabupaten Malang nyaris tidak dapat menarik retribusi angkutan penumpang di terminal yang dikelolanya.

Meski demikian, tambah Hafi Lutfi, pihaknya berharap tahun depan kondisi terminal tipe C yang dikelola Dishub Kabupaten Malang bisa kembali diramaikan. Setidaknya, sejumlah program menarik Dishub akan dilakukan untuk bisa menarik warga kembali memanfaatkan terminal tipe C Talangagung baik untuk keberangkatan ataupun kedatangan penumpang.

"Untuk itu, kamipun saat ini masih melakukan kajian dalam upaya meramaikan penumpang di terminal yang kami kelola," tutur Hafi Lutfi.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help