Travelling

Manbar, Aplikasi Booking Tour Guide Buatan Mahasiswa STIKI Malang

“Kadang wisatwan datang ke suatu tempat wisata baru jarang mengetahui spot yang bagus atau tempat makan yang enak."

Manbar, Aplikasi Booking Tour Guide Buatan Mahasiswa STIKI Malang
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Mambaul Ulum dan Arga Stevian, mahasiswa STIKI Malang menciptakan booking tour guide bernama Manbar atau Main Bareng. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Berbekal pengalaman pribadi yang pernah kesulitan mencari tour guide saat berlibur, Mambaul Ulum dan Arga Stevian, mahasiswa STIKI Malang membuat aplikasi booking tour guide bernama Manbar atau Main Bareng.

“Kami pernah berlibur untuk kali pertama ke Pulau Derawan dan saat itu kesulitan karena tidak tahu jalan. Mau menyewa tour guide juga susah dan biayanya mahal,” cerita Ulum pada SURYAMALANG.COM, Selasa (26/12/2017).

Manbar merupakan jasa penyewa tour guide untuk mendampingi para pelancing saat berwisata.

“Kadang wisatwan datang ke suatu tempat wisata baru jarang mengetahui spot yang bagus atau tempat makan yang enak. Jadi tour guide cukup dibutuhkan,” kata mahasiswa Desain Komunikasi Visual itu.

Sistem aplikasi tersebut mirip GoJek karena setiap orang yang memahami kota atau lokasi wisata bisa mendaftarkan diri.

“Akan ada seleksi untuk tour guide yang mendaftar tentang pengetahuan mereka atas lokasi wisata. Jadi kami akan menjadi jembatan wisatawan dan tour guide,” terangnya.

Ditambahkan Arga, dengan aplikasi Mabar ini semua orang yang mengatahui suatu lokasi atau kota wisata bisa menjadi tour guide.

“Mereka juga harus bisa membuat jadwal wisata dan estimasi biaya yang akan dibutuhkan wisatawan. Setiap orang bisa menjadi biro perjalanan dengan aplikasi ini,” ujarnya.

Wisawatan juga bebas memilih tour guide yang sesuai dengan budget perjalanan mereka.

“Di sini juga ada aplikasi chat dengan tour guide sebelum deal,” kata dia.

Kebanyakan wisatawan, lanjutnya, mengalami kendala tidak tahu jalan, atau terbatasnya informasi wisata, serta kesulitan mengatur jadwal karena tidak tahu medan.

“Kami berharap aplikasi ini bisa membantu wisatawan, terutama turis asing untuk melancong di Indonesia. Aplikasi ini masih terus kami kembangkan dan rencananya ke depan akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata,” tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help