Malang Raya

Target Swasembada Daging Sapi Kabupaten Malang Sulit Tercapai, Ternyata Kendalanya di Birokrasi Ini

Sudah terdapat 68 ribu ekor anakan sapi yang siap dikembangkan populasinya melalui program inseminasi.

Target Swasembada Daging Sapi Kabupaten Malang Sulit Tercapai, Ternyata Kendalanya di Birokrasi Ini
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Ternak sapi yang siap dipacu populasinya dengan program inseminasi untuk mencapai target swasembada daging sapi, Kamis (28/12/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Program swasembada daging sapi Kabupaten Malang bakal sulit tercapai.

Sulitnya pencapaian target itu disebabkan pola administrasi yang panjang dalam program inseminasi (teknik kawin suntik) pada ternak sapi yang diterapkan Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Malang, Sudjono mengatakan, pada tahun lalu dari 57 ribu ekor sapi yang diajukan untuk diinseminasi secara gratis.

Tapi hanya 20 ribu ekor sapi saja yang bisa diinseminasi sesuai Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dari Pemerintah Pusat.

Dengan demikian, upaya meningkatkan populasi ternak sapi dengan inseminasi tersebut menjadi terhambat.

"Kalau kendala itu terus terjadi maka akan berat kabupaten Malang bisa mewujudkan swasembada daging sapi," kata Sudjono, Kamis (28/12/2017).

Di samping itu, petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) program inseminasi ternak sapi yang berubah-ubah juga telah menyulitkan peternak sapi di Kabupaten Malang.

Hal itupun berdampak pada semakin panjangnya waktu yang dibutuhkan bagi peternak sapi untuk menyusun SPJ penerima inseminasi untuk menyesuaikan dengan Juknis dan Juklak.

"Atas kendala itu, kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur agar penerapan administrasi inseminiasi tidak terlalu rumit birokrasinya," tandas Sudjono

Memang, diakui Sudjono, Pemkab Malang saat ini berupaya menjalankan program percepatan swasembada daging sapi.

Yakni dengan upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting.

Percepatan program swasembada daging sapi tersebut, merupakan target dari Pemkab Malang dalam menyediakan daging sapi kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Untuk memenuhi target swasembada daging sapi, kini sudah terdapat 68 ribu ekor anakan sapi yang siap dikembangkan populasinya melalui program inseminasi.

"Kami optimis, jika program percepatan swasembada daging sapi di Kabupaten Malang akan bisa terialisasi setelah kendala yang ada bisa teratasi," tutur Sudjono.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved