Sportarema

Hero Tito, Ini Kisah Terjalnya Perjuangan 'Petinju Indie' Asal Malang ke Level Dunia

Menu latihan dibuatnya berdasar pengalaman selama mengikuti latihan di luar negeri atau saat diasuh pelatih profesional

Hero Tito, Ini Kisah Terjalnya Perjuangan 'Petinju Indie' Asal Malang ke Level Dunia
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Hero Tito, petinju dari d"Kross Boxing Camp menunjukan sabuk juara dunia World Profesional Boxing Federation, Rabu (30/11/2016). 

Oleh Dyan Rekohadi

Istilah Indie dikenal di dunia musik. Tapi semangat indie juga bisa melekat di diri seorang atlet, termasuk atlet tinju.

Julukan Band Indie berlaku bagi musisi yang memilih memproduksi sendiri rekaman, hingga distribusi album dan manajemen shownya. Tapi jalur dan semangat Indie ini justru kerap membawa musisi Tanah Air menembus pentas dunia.

Membahas dunia oleh raga, semangat Indie ini melekat pada diri petinju profesional Indonesia asal Malang, Hero Tito. Petinju asal Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini mampu menembus ring tinju internasional dengan perjuangan pribadinya.

Hero adalah satu dari super sedikit petinju profesional Indonesia di Zaman Now yang terus tampil di pentas tinju internasional. Hebatnya, eksistensinya bertarung di atas ring luar negeri seringkali dijalani seorang diri.

Bila di kancah musik indie Indonesia ada nama seperti Bottlesmoker, The SIGIT, Burgerkill, Mocca yang merasakan panggung festival musik dunia tanpa dukungan Major Label, di ring tinju profesional, Hero Tito bisa jadi contoh nyata ‘petinju Indie’ Indonesia yang eksis.

Hero Tito saat ini resmi menyandang gelar juara dunia versi World Professional Boxing Federation (WPBF). Dia memegang sabuk juara dunia WPBF kelas ringan 61,2 kg sejak menjatuhkan petinju asal Thailand, Thongchai Kunram dalam Kejuaraan Tinju Dunia Sabuk Emas Xanana 2016, di Lospalos Gymnasium, Timor Leste, Minggu (27/11/2016).

Hingga kini petinju yang memulai karir tinjunya sejak masa ABG itu tetap berburu gelar juara di atas ring internasional dengan berlatih dan mencari promotor luar negeri sendiri.

Semangat Indie dari Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis kabupaten Malang

Sore itu hujan turun di kawasan rumah Hero Tito di RT 03 RW 03 Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Rumah petinju  yang memiliki nama asli Heru Purwanto itu adalah rumah sederhana di perkampungan yang berdekatan dengan area persawahan.

Halaman
1234
Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help