SuryaMalang/

Malang Raya

Pemkab Malang Berupaya Mendorong Pengembangan dan Pemasaran Produk UMKM

Apalagi dari sektor UMKM tersebut setiap tahunya omset yang mencapai sekitar Rp 41 triliun tersebut memiliki potensi untuk terus ditingkatkan.

Pemkab Malang Berupaya Mendorong Pengembangan dan Pemasaran Produk UMKM
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Produk UMKM bawang goreng kemasan di Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemkab Malang terus berupaya mendorong pengembangan dan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu sebagai salah satu langkah program pengentasan kemiskinan dan peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Malang, Ahmad Rukmianto mengatakan, Disnaker sebagai salah satu OPD Pemkab Malang juga memiliki tanggung jawab dalam pengembangan UMKM di kabupaten Malang. Di antaranya dalam memberikan fasilitas pembinaan tenaga kerja UMKM dan pemasaran produk UMKM melalui internet.

"Kami ambil langkah strategis dalam ikut pengembangan UMKM dalam bidang peningkatan kualitas SDM dan pemasaran di internet. Karena Disnaker memang mampu melakukan itu," kata Ahmad Rukmianto, Rabu (3/1/2017).

Dijelaskan Rukmianto, jumlah UMKM di Kabupaten Malang yang sekarang mencapai sekitar 428 ribu tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata. Apalagi dari sektor UMKM tersebut setiap tahunya omset yang mencapai sekitar Rp 41 triliun tersebut memiliki potensi untuk terus ditingkatkan.

Dengan demikian, ungkap Rukmianto, seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi maka pengenalan dan pemasaran produk UMKM melalui internet sudah menjadi kebutuhan.

"Untuk itulah, Disnaker mengambil peran membantu fasilitasi pemasaran produk UMKM melalui internet," ucap Rukmianto.

Diharapkan, tambah Rukmianto, dengan adanya pembinaan ketenaga kerjaan sektor UMKM dan perluasan pemasaran produk UMKM maka sektor usaha masyarakat itu bisa mengalami peningkatan. Dan pada ujungnya, masyarakat dengan adanya perbaikan perekonomianya akan bisa mencapai kesejahteraan.

"Itulah mengapa Disnaker akan siap melakukan pendampingan, pembinaan, dan bantuan pemasaran kepada UMKM yang jumlahnya mencapai ratusan ribu itu," tutur Rukmianto.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help