Malang Raya

Lalat dan Bau Busuk dari Peternakan Ayam PT Lawu Farm Bikin Warga Desa Sudimoro Malang Resah

Lalat menyebabkan aktivitas warga terganggu dan bau busuk menyengat yang dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan kesehatan pada warga

Lalat dan Bau Busuk dari Peternakan Ayam PT Lawu Farm Bikin Warga Desa Sudimoro Malang Resah
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Warga Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang menunjukkan lalat yang diduga dampak dari peternakan ayam PT Lawu Farm, Rabu (10/1/2018). 

SURYAMALANG.COM, BULULAWANG - Serangan lalat dan bau busuk limbah diduga dari tempat usaha pembibitan anak ayam bikin resah warga Desa Sudimoro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Lalat menyebabkan aktivitas warga terganggu dan bau busuk menyengat yang dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan kesehatan pada warga.

Salah satu warga, Kusnadi mengatakan, serangan serangga lalat dan bau busuk limbah terjadi sejak sebulan terakhir. Dari hari ke hari jumlah lalat yang menyerang warga seperti mengalami peningkatan jumlahnya. Demikian juga dengan bau busuk limbah juga semakin menyengat.

"Kami sampai tidak bisa tidur nyenyak kalau malam hari, lalat selalu mengerubung badan bila lampu dinyalakan. Dan untuk bau busuk limbah datangnya sewaktu-waktu tidak terjadi setiap saat," kata Kusnadi, Rabu (10/1/2018).

Dijelaskan Kusnadi, akibat serangan serangga lalat ada salah satu warung yang terpaksa tutup dalam beberapa minggu terakhir. Ini setelah pembeli merasa terganggu dan jijik oleh lalat yang hinggap di makanan. Hal itu menyebabkan warung tersebut menjadi sepi pembeli dan akhirnya pemilik warung memilih untuk tutup.

"Kondisi itu membuat kami resah hingga sekarang. Karena kami juga khawatir serangan serangga lalat akan menyebabkan sakit pada warga, terutama anak-anak karena makanan ada lalatnya," ucap Kusnadi.

"Kondisi itu yang kami keluhkan, seolah pemilik pabrik tidak mau keluar uang banyak untuk membeli obat penghilang bau busuk limbahnya. Seharusnya kondisi itu tidak terjadi bila limbah kotoran dikelola dengan baik dan benar," kata Saifudin, warga lainnya.

Oleh karena itu, tambah Saifudin, warga menantikan langkah dari Pemerintah dan pemilik usaha ternak pembibitan anak ayam untuk mengatasi persoalan tersebut. Bila kondisi tersebut dibiarkan terus terjadi maka warga bisa habis kesabaran menutup tempat usaha tersebut.

"Jadi kami saat ini menunggu upaya menghilangkan serangga lalat dan bau busuk yang menyerang warga sesuai keputusan rapat koordinasi Muspika kecamatan Bululawang dengan warga," tandas Saifudin.

Sedangkan salah satu perangkat Desa Sudimoro, M Asroni mengatakan, persoalan serangga lalat dan bau busuk limbah telah disikapi oleh Pemerintah Desa Sudimoro. Demikian juga dengan Muspika Kecamatan Bululawang juga telah menindaklanjuti keluhan warga, Senin (8/1/2018).

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help