Kesehatan

Seberapa Pentingkah Pemeriksaan Potensi Kanker Payudara Bagi Wanita? Yuk Simak Penjelasan Ini

Analisis kami menunjukkan, pengujian populasi adalah strategi yang paling efektif dari sisi biaya dan dapat memiliki implikasi penting.

Seberapa Pentingkah Pemeriksaan Potensi Kanker Payudara Bagi Wanita? Yuk Simak Penjelasan Ini
brandsforless.ae
BH atau bra atau penyangga payudara. 

SURYAMALANG.COM - Langkah pemeriksaan (screening) terhadap semua wanita di atas usia 30 tahun untuk mendeteksi potensi serangan kanker payudara dan ovarium, berguna untuk antisipasi dan penghematan biaya.  

Langkah tersebut diyakini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemeriksaan terbatas hanya kepada mereka yang tercatat memiliki risiko tinggi secara genetik.

Rekomendasi ini muncul dari sebuah hasil penelitian yang digelar sejumlah ilmuwan di India seperti dilansir laman Hindustantimes.com

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, kasus kanker semacam itu mengalami peningkatan signifikan di India.

Jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada kasus serupa di negara-negara Barat.

Gen penyebab kanker payudara dan ovarium yang paling terkenal adalah BRCA1 dan BRCA2.

Kaum perempuan yang membawa salah satu mutasi gen tersebut memiliki kemungkinan sekitar 17-44 persen untuk terserang kanker ovarium, dan 69-72 persen kanker payudara.

Sebaliknya, wanita yang tidak membawa mutasi gen ini memiliki risikonya dua persen untuk terkena kanker ovarium, dan 12 persen untuk kanker payudara.

Pendekatan klinis berupa pengujian genetik selama ini didasarkan pada riwayat kanker payudara atau ovarium dari seseorang itu sendiri atau keluarganya.

Sementara dalam pendekatan baru yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute merekomendasikan pemeriksaanterhadap perempuan secara keseluruhan.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved