Travelling

Sepinya Kampung Wisata Kungkuk, Ini Upaya Dinas Pariwisata Kota Batu untuk Menarik Pengunjung

Awan mendung disertai gerimis menyelimuti destinasi wisata Kampung Wisata Kungkuk, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu,

Sepinya Kampung Wisata Kungkuk, Ini Upaya Dinas Pariwisata Kota Batu untuk Menarik Pengunjung
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Wisata Kampung Kungkuk di Desa Punten, Bumiaji, Kota Batu, Senin (29/1/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Awan mendung disertai gerimis menyelimuti destinasi wisata Kampung Wisata Kungkuk, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (29/1/2018) siang.

Lokasi wisata ini bisa dibilang sepi pengunjung, karena terlihat hanya ada petani yang mondar-mandir mengambil dan mengantar hasil panen. Sebelum masuk ke Kampung Wisata Kungkuk, terlihat papan besar petunjuk bertuliskan Kampung Wisata Kungkuk.

Papan petunjuk arah itu sengaja diletakkan di situ oleh Pemkot Batu untuk memberitahukan adanya tempat wisata yang sudah lama ada. Ada tiga papan petunjuk arah itu, yakni di gang masuk dari Jalan Raya Punten, di gang menuju lokasi wisata itu, dan di area outbound.

Dinas Pariwisata menempatkan papan tersebut untuk menarik perhatian pengunjung. Kepala Disparta Kota Batu, Imam Suryono mengatakan, papan itu merupakan dukungan Pemkot untuk tempat wisata yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Menurutnya, lokasi wisata Kungkuk ini merupakan destinasi wisata yang menarik, sehingga sangat dipromosikan.

"Apalagi banyak yang belum tahu kan, dan lokasinya lumayan jauh, makanya kami beri papan petunjuk ini," kata Imam, Senin (29/1/2018).

Tidak hanya di situ saja, rencananya nanti papan nama itu akan ditaruh di semua lokasi wisata, terutama di wisata yang dikelola oleh masyarakat. Namun, sayangnya tidak bisa terwujud tahun 2018 ini, karena tidak ada pembangunan fisik. Pihaknya tetap memasukkan pembuatan papan nama itu dalam perencanaan untuk tahun ini.

"Terutama desa wisata ya. Penempatannya di pinggir jalan agar terlihat sama pengunjung. Jadi untuk mempermudah pengunjung juga," imbuh Imam.

Ia menjelaskan pentingnya papan pengenal desa wisata itu untuk menarik wisatawan. Papan nama itu sekaligus menunjukkan Kota Batu sebagai daerah wisata. Di lain hal, adanya papan nama itu sangat membantu Kampung Kungkuk agar lebih dikenal sama wisatawan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Punten, Cahyono Hadi mengatakan, adanya fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Batu itu membantu sarana promosi dan menunjukkan jika kawasan itu daerah wisata. Bahkan, di hari biasa saja, jumlah pengunjung sudah berdatangan.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help