Malang Raya

Jelang Pileg 2019, KPU Kota Batu Matangkan Usulan Empat Dapil Melalui Uji Publik

Dalam uji publik ini, semua masyarakat, mulai dari Parpol, instansi pemerintah, tokoh masyarakat, bisa memberikan usulan.

Jelang Pileg 2019, KPU Kota Batu Matangkan Usulan Empat Dapil Melalui Uji Publik
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Ketua KPU Kota Batu, Rochani 

SURYAMALANG.COM, BATU - Setelah melakukan pencermatan usulan empat Daerah Pemiliha (Dapil) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, KPU Kota Batu mengadakan uji publik, Rabu (7/2/2018).

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan, bedanya dalam uji publik ini dengan pencermatan ialah pencermatan lebih memberikan ruang bagi publik untuk menilai hasil rumusan usulan Dapil.

"Nah kalau uji publik ini kami memfasilitasi dalam forum. Sehingga bisa berdialog dan beragumentasi dari hasil pencermatan masing-masing," kata Rochani, Rabu (7/2/2018).

Dalam uji publik ini, semua masyarakat, mulai dari Parpol, instansi pemerintah, tokoh masyarakat, bisa memberikan usulan. Boleh tidak setuju, dan mengutarakan alasannya dalam forum uji publik itu.

Karena, hasil dari uji publik itu yang nantinya akan disetujui dan dibawa ke KPU RI.

"Sebelum dibawa ke KPU RI, forum yang terlibat ini menandatangani persetujuan usulan Dapil. Justru dalam uji publik ini mereka bisa sebebas-bebasnya memberikan usulan, asal dalam usulan itu jelas dan masuk akal," imbuhnya.

( BERITA TERKAIT - Keruwetan di Kota Batu Jelang Pileg 2019, DPRD Prioritaskan 3 Dapil sedangkan KPU Ngotot 4 Dapil )

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved