Rokok Elektrik

Ketika Para Vaper Bicara Cukai Rokok Elektrik 57 Persen

CUKAI ROKOK ELEKTRIK 57 PERSEN. Rencana yang sarat kepentingan industri rokok. Barang lain apa sih yang pajaknya lebih dari 50 persen?

Ketika Para Vaper Bicara Cukai Rokok Elektrik 57 Persen
yul
ILUSTRASI - E-cigarette atau rokok elektrik, disebut juga vape atau vapor. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemerintah berniat memungut cukai 57 persen terhadap semua produk terkait vape atau rokok elektrik. Dalihnya macam-macam. Berderet-deret. 

Sementara, cukai rokok kuno hanya 10,04 persen mulai 1 Januari 2018. Para pengamat menilai, nilai cukai 57 persen itu sarat kepentingan industri rokok (BACA: Pajak Rokok Elektrik hingga 57 Persen, Sarat Kepentingan Industri Rokok).

Lalu, bagaimana pandangan dari sisi vapers atau penghisap uap itu?

Ketua North Surabaya Vapers, Oyek, menyatakan, dia dan rekan-rekannya yang tergabung dalam komunitas pengguna vape di Surabaya utara, berharap peraturan atau regulasi terkait vape bukan karena titipan pihak tertentu.

“Regulasi itu menurut kami sangat positif. Alasannya bisa membatasi usia anak agar tidak mengonsumsi vape, adanya standarisasi liquid, pengawasan dan sebagainya agar tidak dicampur narkoba atau zat-zat berbahaya lainnya,” kata dia kepada SURYAMALANG.COM.

Selama ini, pengguna vape cenderung disamakan dengan perokok karena belum adanya regulasi yang jelas.

Di pusat-pusat perbelanjaan maupun tempat publik lain, mereka harus mematuhi peraturan yang sejatinya untuk perokok.

“Padahal vape aman. Beda dengan rokok,” timpal Jun, Wakil Ketua North Surabaya Vapers.

Sama seperti pengguna vape lain, komunitas ini juga mengaku tidak masalah jika vape dikenakan cukai sampai 57 persen.

“Toh, jika naik segitu juga masih lebih mahal dulu, saat awal-awal vape masuk ke Indonesia. Ketika itu harga liquid ukuran 600 mm mencapai Rp 300.000- 350.000. Jika sekarang harganya berkisar Rp 100.000–Rp 150.000, naik 57 persen kan masih mahalan dulu,” urai Jun.

VAPE TRICK - Vaper (pengguna vape) bisa memilih beraneka peralatan dan bisa memodifikasi tampilan dan beraneka pernik sesuai keinginan pengguna  untuk
VAPE TRICK - Vaper (pengguna vape) bisa memilih beraneka peralatan dan bisa memodifikasi tampilan dan beraneka pernik sesuai keinginan pengguna untuk "vaping". (habibur rohman)
Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved