Surabaya

VIDEO - Gubernur Jatim juga Setuju Perintah Komjen Budi Waseso soal Extra Judicial Killing

EKSEKUSI MATI DI LUAR PERADILAN. Kita eksekusi di lapangan, gak usah pakai senjata. Pakai batu aja, dikepruk ramai-ramai.

Reportase Danendra Kusuma

SURYAMALANG.COM, SURABAYA -  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Budi Waseso, menyatakan sudah memerintahkan semua anak buahnya untuk menembak mati pelaku terkait narkoba yang barang buktinya 1 Kg ke atas.

Buwas, panggilan populernya, memerintahkan eksekusi mati itu meski belum terbukti di pengadilan. 

"Kita eksekusi di lapangan aja, gak usah pakai senjata. Pakai batu aja, dikepruk ramai-ramai karena sudah merusak generasi kita," kata Buwas di sela peletakan batu pertama pembangunan kantor BNN Jatim di Surabaya, Sabtu (10/2/2018).

"Ini masalah serius bagi negara ini, kita harus berantas peredaran narkoba karena Indonesia darurat narkotika" Pungkasnya.

Ia mengaku siap mempertanggungjawabkan konsekuensi perintahnya itu di dunia maupun akhirat.

Sementara, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, menunjukkan persetujuannya terhadap tindakan extra judicial killing atau hukuman mati di luar putusan peradilan itu. 

"Ini bukan kegiatan melanggar HAM. Saya ikut bertanggung jawab akan perkara itu" ujar Soekarwo. 

"Saya setuju ini, membuat ketertiban, order, itu semua kalau proses lama, itu harus dilakukan langkah-langkah diskresi seperti ini, saya setuju," kata Soekarwo. 

BERITA TERKAIT: Buwas Kesal, Terpidana Mati Sampai 2 Kali Masih Kendalikan Narkoba dari Penjara

Penulis: Dya Ayu
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help