Malang Raya

Pipa Berusia 30 Tahun Dekat Rumah Cawali Malang Mendadak Bocor

PIPA PDAM BOCOR. Akibatnya, kawasan Jl Ijen, Kota Malang, banjir. Sekitar 100 meter ruas jalan tergenangi air.

Pipa Berusia 30 Tahun Dekat Rumah Cawali Malang Mendadak Bocor
hayu yudha prabowo
Genangan air akibat pipa PDAM pecah di Jalan Besar Ijen, Kota Malang, Senin (12/2/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pipa air milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) yang bocor di Jalan Ijen, Kota Malang adalah pipa besar.

Menurut petugas PDAM di lokasi, pipa yang bocor berdiameter 250 mm. Pipa itu merupakan pipa berusia 30 tahunan.

"Pipa ini adalah jenis asbes. Berdiameter 250 milimeter dan dibangun tahun 1980-an. Memang usianya sudah tua," ujar Asmen Perbaikan Kebocoran PDAM Kota Malang, Koernita Hari Soeseno, kepada SURYAMALANG.COM, Senin (12/2/2018).

Menurut Titok, panggilan akrab Koernita, pecahnya pipa itu dimungkinkan karena tekanan air.

Pipa tidak kuat menahan tekanan air sehingga pecah. Bisa jadi, sambungan antar pipa lepas sehingga air tertekan keluar dan keluar ke permukaan.

Ketika SURYAMALANG.COM berbincang dengan Titok, air masih keluar dari titik utama bocornya pipa. Pipa bocor itu berada di jalan masuk rumah No 65 di Jl Ijen.

"Kalau persoalan ada di sambungan, nanti kami tinggal menyambungkan antar sambungan yang lepas," imbuhnya.

Sebagai langkah awal, PDAM mematikan aliran air yang melewati kawasan Ijen. Akibatnya layanan air untuk 2.000an pelanggan terhenti. Aliran air yang terhenti antara lain ada di seputaran Ijen, juga Bareng.

Titok berjanji, pihaknya segera memperbaiki kerusakan pipa. Setelah aliran air terhenti, barulah petugas memperbaiki kerusakan.

Petugas harus menggali area sekitar pipa, untuk kemudian melihat kerusakan apa yang terjadi pada pipa itu. Kalau antar sambungan lepas, maka pihaknya cukup menyambungkan antar pipa.

"Hari ini selesai kami perbaiki. Maaf kalau ada ketidaknyamanan kepada pelanggan," ujarnya.

Akibat pipa bocor itu, kawasan seputaran Jl Ijen banjir. Sekitar 100 meter ruas jalan tergenangi air dari luberan pipa yang rusak itu. Air meluber dan membelok ke arah Jl Buring yang berada di sebelah Katedral Ijen.

Titik pecahnya pipa tidak jauh berada dari rumah Calon Wali Kota Malang, Yaqud Ananda Gudban. Nanda sempat melihat titik utama pipa yang pecah.

"Ya di rumah tadi mati. Semoga segera diperbaiki dan mengalir kembali," ujar Nanda. 

PIPA TUA - Genangan air akibat pipa PDAM Kota Malang yang pecah di Jalan Ijen, Kota Malang, Senin (12/2/2018). Selain menyebabkan genangan air, pecahnya pipa berusia 30-an tahun ini juga mengganggu 2 ribu pelanggan. FOTOGRAFER SURYA: HAYU YUDHA PRABOWO #malang #kotamalang #ngalam #jalanijen #ijenboulevard #eastjava #oostjava #pdam #banjir #airbersih #gereja
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help