Malang Raya

DPRD Kabupaten Malang Kecewa karena Banyak Pejabat yang Mangkir saat Rapat Paripurna

Hari Sasongko mengatakan, seharusnya bila ada agenda kegiatan rapat Paripurna DPRD menjadi prioritas pejabat Pemkab Malang untuk hadir

DPRD Kabupaten Malang Kecewa karena Banyak Pejabat yang Mangkir saat Rapat Paripurna
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Suasana rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Selasa (13/2/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Ketua DPRD Kabupaten Malang kecewa dengan banyaknya pejabat Pemkab Malang dan Camat yang tidak hadir dalam rapat Paripurna DPRD. Ini setelah pada waktu bersamaan banyak pejabat Pemkab Malang dan Camat yang izin absen untuk menghadiri acara Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Malang.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko mengatakan, seharusnya bila ada agenda kegiatan rapat Paripurna DPRD menjadi prioritas pejabat Pemkab Malang untuk hadir. Namun, kenyataanya banyak pejabat Pemkab Malang yang lebih memilih menghadiri kegiatan lain.

"Kami sejak lama sudah meminta Pemkab Malang memperhatikan hal itu. Tapi entah mengapa kok kembali terjadi ada kegiatan waktunya bersamaan dengan rapat Paripurna DPRD sehingga banyak pejabat yang tidak hadir," kata Hari Sasongko usai rapat Paripurna DPRD, Selasa (13/2/2018).

Dijelaskan Hari Sasongko, seharusnya petugas Sekdakab Malang melakukan koordinasi dengan Sekretariat DPRD terkait jadwal agenda kegiatan. Di mana kegiatan yang berlangsung di Kecamatan penjadwalanya di bawah kendali dari Sekdakab Malang.

Apabila di DPRD Kabupaten Malang ada kegiatan rapat Paripurna maka semua pejabat utama Pemkab Malang seharusnya hadir. Ini dikarenakan rapat Paripurna DPRD cukup penting menyangkut kebijakan di Daerah Kabupaten Malang.

"Lha kalau pejabatnya tidak tahu soal keputusan DPRD terkait kebijakan daerah karena tidak hadir dalam rapat Paripurna, bisa repot nantinya," ucap Hari Sasongko.

Seperti agenda rapat paripurna DPRD hari ini, tambah Hari Sasongko, tentang pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap usulan dua Raperda Kabupaten Malang tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, dan Pembentukan Susunan Perangkat Daerah. Agenda rapat Paripurna DPRD tersebut sangat penting menyangkut peraturan daerah untuk masyarakat Kabupaten Malang, dan menyangkut susunan perangkat daerah Pemkab Malang.

"Coba, bila ada keputusan penting menyangkut masyarakat dan pejabat Pemkab Malang tapi tidak diikuti dan dimengerti pejabatnya sendiri, kan lucu juga jadinya," tandas Hari Sasongko yang juga telah menolak mengeluarkan rekom kegiatan lain bagi anggota DPRD saat rapat Paripurna.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, M Sanusi mengatakan, kekecewaan dari Ketua DPRD Kabupaten Malang terhadap ketidak hadiran pejabat dan para camat dalam rapat paripurna DPRD cukup wajar. Apalagi jika ketidakhadiran itu bertepatan dengan banyaknya agenda Musrembang (musyawarah rencana pembangunan).

"Jadi wajarlah kekecewaan itu bila ada rapat Paripurna DPRD tapi pejabat dan camat banyak yang absen. Pejabat dan camat kan seharusnya datang semua tidak boleh absen begitu," kata Sanusi.

Dikatakan Sanusi, seharusnya agenda Musrembang atau agenda lainya dengan rapat Paripurna DPRD bisa disesuaikan. Dengan demikian pejabat dan Camat dapat menghadiri rapat Paripurna DPRD karena lebih penting.

"Karena bila dewan tidak menyetujui anggaran untuk kegiatan OPD atau Kecamatan mau apa mereka. Makanya pejabat dan Camat seharusnya mengutamakan kegiatan di DPRD," ucap Sanusi.

Bahkan, tambah Sanusi, jika ada agenda rapat Paripurna DPRD dan ternyata waktunya bersamaan dengan agenda lain dari pejabat dan camat, maka agenda itu harus ditunda terlebih dahulu. Hal itu pun juga sesuai dengan intruksi Bupati Malang, H Rendra Kresna.

"Ya memang seperti itu perintah Bapak Bupati, kalau ada acara Paripurna DPRD maka yang lain harus ditinggal atau ditunda," tutur Sanusi yang akan segera memberi peringatan pada Pejabat Pemkab dan Camat yang absen dalam rapat Paripurna DPRD.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help