Surabaya

Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 di Pemprov Jatim, Mulai Bulan Mei 2018, Lowongan Capai 1900 Orang

Pendaftaran CPNS tahun ini akan serentak dilaksanakan mulai Mei 2018. Seluruh Pemkab dan pemkot di Jatim

Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 di Pemprov Jatim, Mulai Bulan Mei 2018, Lowongan Capai 1900 Orang
Tribun Batam
Ilustrasi CPNS 

SURYAMALANG.com - Pendaftaran CPNS tahun ini akan serentak dilaksanakan mulai Mei 2018. Seluruh Pemkab dan pemkot di Jatim serentak dijadwalkan akan menggelar pendaftaran di hari yang sama.

Kepala BKD Jatim Siswo Heroetoto menuturkan bahwa tahun ini bisa jadi menjadi kesempatan terbaik bagi peminat CPNS. Sebab ada tanda-tanda bahwa kuota CPNS lebih banyak dari sebelumnya.

"Pusat akan memberi kuota berdasarkan pegawai PNS yang pensiun. Pemprov Jatim sendiri akan membuka pendaftaran CPNS pada Mei 2018," terang Siswo, Senin (13/2/2018).

Pendaftaran lowongan CPNS itu akan digelar serentak. Selain Pemprov Jatim, banyak Pemkot dan Pemkab di seluruh Jatim juga menggelar pendaftaran CPNS di bulan yang sama.

Sementera tes CPNS akan digelar serentak pada Juli mendatang. Tes menggunakan sistem komputerisasi (CAT). Hasil Tes akan langsung dipajang.

Akan ada standardisasi kelulusan di setiap jenis tes. Sebelum ke tes berikutnya, mereka yang tidak memenuhi kualifikasi nilai tidak diperkenankan mengikuti tes berikutnya.

"Semua hasil tes dan yang berhak mekanjutkan ke tahapan tes berikutnya akan disampaiakan terbuka. Dipajang segera setelah mengerjakan di ruang tes. Kira-kira begitu," terang Siswo.

Pemprov Jatim sendiri tahun ini kemungkinan akan mendapat kuota jauh lebih banyak. Pemrov akan membuka 1.900 lowongan CPNS. Namun semua masih perlu persetujuan pusat kembali.

"Sesuai petunjuk pusat, kuota CPNS didasarkan pada PNS yang pensiun hingga Oktober nanti," jelas Kepala BKD Jatim, Siswo Heroetoto, Senin (12/2/2018).

Tahun ini, jumlah PNS yang pensiun di lingkungan Pemprov Jatim sebanyak 2.200 orang.

Namun setelah dilihat yang pensiun hingga Oktober sebanyak 1.900 orang.

Posisi mereka harus digantikan pegawai baru.

Namun persetujuan kuota oleh pusat itu akan dilihat kemampuan keuangan daerah.

"Kuota paling banyak nanti tetap kebutuhan guru. Apalagi jenjang SMA/SMK di bawah Pemprov Jatim," ujar Siswo.

Selain itu perawat dan tenaga medis juga mendominasi selain tenaga teknis lainnya, terutama tenaga akutansi dan IT.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help