SuryaMalang/

Malang Raya

Program One Day Service Dispendukcapil Kabupaten Malang, Urus Dokumen Cukup 1 Hari

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang targetkan waktu layanan Kartu Keluarga dan Akta satu hari jadi.

Program One Day Service Dispendukcapil Kabupaten Malang, Urus Dokumen Cukup 1 Hari
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang targetkan waktu layanan Kartu Keluarga (KK) dan Akta satu hari jadi.

Hal itu sebagai satu upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan terbaik Dispendukcapil kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini mengatakan, dengan adanya layanan One Day Service tersebut pengurusan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Cerai, dan Surat Pindah semakin dipermudah dan dipercepat.

Hanya saja, warga yang mengajukan pengurusan dokumen kependudukan tersebut melengkapi dan mempersiapkan berkas persyaratan yang disyaratkan Dispendukcapil Kabupaten Malang.

"Jadi semuanya tergantung kembali pada warga yang mengurus dokumen kependudukan itu. Bila ingin cepat proses sehari jadi ya dilengkapi berkas persyaratanya, sehingga warga tidak lagi ke sana kemari untuk melengkapi berkas persyaratan yang kami minta," kata Sri Meicharini, Selasa (13/2/2018).

Petugas Dispendukcapil, menurut Sri Meicharini, nantinya akan langsung menerima dan memeriksa berkas persyaratan mencari dokumen kependudukan yang diajukan warga. Jika dinyatakan sudah lengkap, maka warga pemohon dapat menunggu proses pembuatan akta dan KK selesai serta tidak perlu ke sana kemari.

Memang, diakui Sri Meicharini, dalam sehari Dispendukcapil Kabupaten Malang saat ini mampu melayani dan menyelesaikan permohonan sekitar 750 KK dan 500 Akta lahir dan sebagainya dalam seharinya. Jumlah permohonan dokumen kependudukan tersebut masih bisa ditingkatkan dengan melihat jumlah petugas yang sedang bertugas serta ketersediaan material KK dan Akta.

"Yang jelas, kami akan menerima setiap permohonan pembuatan KK dan Akta dari warga serta langsung memprosesnya sampai selesai dalam sehari," tandas Sri Meicharini.

Sedangkan untuk permohonan KTP Elektronik (E-KTP), ungkap Sri Meicharini, sebenarnya prosesnya bisa dilakukan dalam sehari selesai.

Akan tetapi karena saat ini masih sering terkendala oleh material E-KTP dan sambungan jaringan internet lambat menjadi kendala penyelesaian E-KTP dalam sehari. Bahkan, Dispendukcapil terpaksa memberlakukan jam lembur bagi petugas dengan sistem shift untuk menyelesaikan permohonan E-KTP.

"Meski demikian, kami akan tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada warga pemohon E-KTP ditengah berbagai kendala yang sering terjadi," tutur Sri Meicharini.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help