Surabaya

Cegah Penculikan Anak, Semua Sekolah di Surabaya akan Terpasang CCTV

#SURABAYA - "Semua sekolah SD dan SMP akan kami pasangi kamera khusus ini," ucap Wali Kota Tri Rismaharini.

Cegah Penculikan Anak, Semua Sekolah di Surabaya akan Terpasang CCTV
google street vie
ILUSTRASI - Suasana SD Negeri di Bulak Rukem, Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Semua sekolah di Surabaya akan dipasangi kamera CCTV yang terhubung langsung dengan Command Center. Setiap kejadian  apapun di lingkungan sekolah akan terpantau di pusat Command center di Gedung Siola.

"Semua sekolah SD dan SMP akan kami pasangi kamera khusus ini," ucap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (14/2/2018).

Ratusan kamera CCTV itu saat ini disiapkan Pemkot Surabaya. Wali Kota Risma bertekad melawan dan mengantisipasi penculikan anak di lingkungan sekolah dengan kamera intai tersebut. 

"Kota ini harus ramah anak. Jangan lagi ada anak kita jadi korban penculikan. Baik di sekolah maupun di kampung. Petugas harus bergerak cepat," kata Risma.

Saat ini, fokus pemasangan CCTV ada di sejumlah akses menuju lokasi sekolah. Di jalan raya yang menjadi akses SD akan menjadi fokus pemasangan kamera. 

Menurut Risma, penculikan anak tak bisa dianggap remeh. Bukan semata kriminal biasa minta tebusan. Namun bisa untuk tujuan trafficking dan menjadi objek para kelainan seksual.

Risma sebelum ini juga mengampanyekan Kota Surabaya Ramah Anak. Tidak hanya imbauan dan kampanye. Tapi juga menyiapkan fasilitas penunjang.

"Kami juga sudah bangun pos keamanan baru dekat lokasi sekolah. Petugas Satpol PP dan Linmas standby di posko itu," kata Risma.

Ia juga memerintahkan pemasangan kamera CCTV di tempat-tempat rawan penculikan anak dan kejahatan.

Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Surabaya, Joko Supriyanto, saat pihaknya terus menambah pemasangan CCTV khusus antisipasi penculikan anak. "Kami sudah pasang di akses SD Karya Bakti," katanya. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help